Nokia E61 untuk Network Administrator

Ass.wr.wb.

E61

E61 adalah handphone dari Nokia yang sangat cocok dipakai oleh network admin. Ini pendapat saya yang baru menggunakan handphone ini selama kurang lebih satu bulan. Saya tidak akan bahas kemampuan handphone nya sendiri, anda bisa baca di review-review handphone, tetapi saya akan jelaskan bagaimana ia dapat membantu kerja network administrator.

Beberapa kemampuannya yang memudahkan kerja network admin adalah :

1. 3G network. Memudahkan koneksi Internet dari mana saja (setidaknya di kota-kota besar). Saya pakai provider XL.
2. Wifi 802.11b. Memberikan sambungan hotspot dengan cepat dan mudah (walaupun kuat sinyalnya tidak sekuat windows mobile)
3. Keyboard QWERTY membuat pengetikan berjalan lebih cepat.
4. Layar besar dibandingkan handphone lainnya membuat view layar menjadi lebih lega.

Kekuatan dari network 3G ini adalah network admin memiliki pandangan bagaimana koneksi network yang dia urusi dari jaringan Internet luar, dengan cepat dan mudah (dengan syarat sinyal 3G nya tidak hilang).

Saya juga menginstall beberapa aplikasi tambahan untuk membantu tugas-tugas saya. Aplikasi-aplikasi yang ada di hape ini yang memudahkan kerja network admin adalah :

1. Browser. Browser default E61 (Web) cukup bagus utk browsing. Layarnya luas, sehingga nggak terlalu repot kalau lihat situs-situs yang punya tampilan baik. Kalau kadang2 kurang bagus, ada juga Opera Mini gratisan.

2. Instant Messaging. Saya pakai Agile Messenger, cukup bayar 10 ribu sebulan via premium SMS. Memudahkan koordinasi via Yahoo messenger.

3. SSH Client. Saya pakai Putty S60v3. Dengan layar yang cukup besar, ia mampu dipakai utk SSH ke mesin-mesin yg dimanage. Pengalaman saya menggunakan Putty memudahkan saya membaca email di server dgn Pine, serta mendebug router BGP dan OSPF berbasis Quagga.

4. Gmail Mobile. Kalau iseng gak ada kerjaan, saya sering memantau milis-milis yang saya ikuti via Gmail. Sekali lagi keuntungan layar yang besar membuat mail reading menjadi mudah dan nyaman.

E61 ini dapat saya pakai untuk menscan access point dengan memilih Connectivity -> Conn Manager -> Available WLAN. Selain itu, saya juga memanfaatkan kemampuan E61 utk tersambung ke VoIP SIP via WLAN ini. Setelah seharian mengoprek konfigurasi SIP di E61 ini, alhamdulillah saya berhasil membuat E61 tersambung ke server SIP Asterisk di ITB. Sementara itu, anda juga dapat memanfaatkan card miniSD di dalam E61 ini untuk berfungsi layaknya USB disk dengan bantuan kabel data DKU-2 atau CA-53.

Ada juga beberapa aplikasi yang belum berhasil saya manfaatkan, misalnya ProfiMail (IMAP mail reader) dan Picoblogger utk mobile blogging. RSS Reader default milik E61 juga belum saya manfaatkan maksimal, menunggu aplikasi monitoring jaringan sudah mendukung RSS Feed.

Tentu saja ada kekurangan dari E61 ini, yaitu fasilitas VPN client hanya dapat dipakai untuk menyambungkan E61 dengan VPN Concentrator Cisco dan Checkpoint, sementara di ITB hanya menggunakan VPN Concentrator berbasis OpenVPN. Adobe PDF Reader nya juga agak berat kalau dipakai membuka manual PDF yang tersimpan di E61. Saya juga mengimpikan kalau kabel data E61 ini dapat dipakai sebagai kabel console Cisco, sehingga saya tidak perlu bawa notebook untuk konfigurasi Cisco.

Yang perlu diperhatikan juga, sebaiknya pengguna Internet 3G ini mengambil paket langganan, seperti paket MegaData XL, karena penggunaan data dengan jumlah banyak dapat membuat tagihan telepon anda menggelembung. Pengalaman saya, penggunaan akses Internet yang moderate (< 10 MB) sebelum saya mengambil paket MegaData membuat tagihan GPRS saya meningkat menjadi 110 ribu rupiah lebih. Setelah berlangganan paket MegaData XL, maka tagihan saya terpatok 135 ribu utk akses Internet dengan kuota 250MB yang sangat memadai untuk penggunaan Internet darurat dan moderat. (maaf jadi promosi).

Begitulah pengalaman saya yang dapat saya bagi setelah kurang lebih satu bulan menggunakan E61. Kemampuan perangkat ini alhamdulillah memudahkan kerja saya sebagai network administrator.

Yang jelas, keunggulan utama E61 dibandingkan laptop adalah ia langsung on dan dapat segera digunakan dalam keadaan darurat. Laptop harus dinyalakan terlebih dahulu, dan memakan waktu kurang lebih 3 menit sebelum ia betul-betul dapat bekerja. Selain itu, ukuran E61 yang cukup kecil (dibandingkan laptop) membuat ia dapat dibawa kemana-mana.

Mudah-mudahan berguna,
wass.wr.wb.

57 pemikiran pada “Nokia E61 untuk Network Administrator

  1. #3. Cuma sharing info aja sih, sebab jarang review gadget yg berbasis kegunaan..

    #4. Cari aja second nya di BEC atau toko2 handphone terdekat. Saya sih muter-muter sekitar sejam an sebelum dapet.

    #5. Ya ampun maaf lah kalau agak pusing😀

    #6. Iya ada kok aplikasi screenshotnya, cuma belum dipasang di handphone, cuma ada di hape satunya (E50).

  2. 😉 iya saya ada brother yg juga ‘network engineer’…
    seorang lagi ‘electrical’ seorang lagi ‘chemical’, seorang lagi ‘petroleum’
    cukup resep ngerinya…. sebab saya sampai sekarang ngeri maths dan fizik

    erm..

    cuma mahu taarufan gitu.. 🙂

  3. #10. Asal barangnya jelas, agak mulus, ambil aja pak🙂

    #11. Wah rugi pak barang kayak E61 belum dioprek2, bisa macem2 ini. Kemarin aku pegang E90, itu lebih elok lagi buat jadi hape nya admin, kalo SSH pakai putty nggak nge-wrap, resolusinya tinggi, lebar, cuma sayang harganya masih di awang2🙂

  4. aneh memang
    waktu pertama kali make ini
    saya merasa untuk ngetik malah lebih lama dari pada keyborad HP biasa:mrgreen:
    namun setelah sebulan jadi lebih cepat dari biasanya

  5. maria

    hi..gw pengguna e61, mmg hp ini canggih bener, email, chatting, browsing semuanya mudah. Boleh tau aplikasi yg bisa jalan di e61 untuk blacklist no yg tdk mau sy jawab?? (semacam personal communicator assistant)….. thx.

  6. Wuiiih artikel yang menarik, saya belom lama ini menggunakan E61, awalnya hanya untuk Push Mail dengan menggunakan aplikasi gratisan dari Seven (www.seven.com), tapi setelah dibuka-buka banyak aplikasi lain yang bermanfaat. memang mantaf juga nih Push mailnya setara dengan BlackBerry, begitu ada email masuk langsung nyosor kurang dari 2 detik.

    Salam hangat,
    -rosgani-

  7. H.Siswanto

    Bagaimana cara setting email E 61 i

    Masuk bisa, tapi kirim kok ngak bisa

    Bisa bantu settingnya , tolong email Ya

    Sekian Trims

  8. nanang

    mas, aku baru punya E61 nih, jadi masih banyak software yg blum terinstall, terutama adobe reader & zip manager, bisa gak yah aku minta tlg dikirimin software tersebut via imel (nanang_t@yahoo.com), tlg kalo ada yah. thx

  9. Saya juga lagi nyari E61 nih…, sempet beberapa kali tertarik liat2 sambil saya pegang2…., tapi saya jadi agak ragu dengan keyboard Qwerty nya, bisa gak yah ngetik cepet dengan keypad nya yg kecil2… apa gak takut kepencet 2 tombol…, trus keypadnya agak keras juga yah…., kira2 menurut mas2 enak gak sih buat ngetiknya…????
    trus …. saya lagi coba banding2in nih antara E61 ama Nokia 9300i, kira2 masih unggul yg mana nih ???? kan klo browsing di 9300i, layarnya lebih lebar lagi….
    Thanks,
    {roy}

  10. Mikha

    yoi g jg setuju…g udah krng lbh 1 bln pake nokia E61 ini…dibanding ama hp2 lain atau dng PDA lainnya fitur E61 cukup memadai plus dng harga yg terjangkau pula….sekitar Rp1.700.000,- utk secondnya (krn udah gak ada baru)

  11. Aku dah dapet nih mas E61 nya… lumayan lah 1.8jt dah fullset+memmory 1GB.
    Emang mantep nih… hehe…
    Tinggal oprek2 software & fiturnya aja sih… soalnya baru 2 hari hihihi… ^_^

  12. aku pake n-gage untuk ngeremot server solaris ku, aku pake n-gage untuk ngeset cisco ku,
    aku pake n-gage untuk muter mp3 ku, aku pake n-gage untuk maen game layaknya psp.
    sayang semuanya gak pake wifi.. dengan modal gprs dan blututh :((

  13. Ping-balik: Vista for Sysadmin « Admin Juga Manusia 2.0 ™

  14. Ping-balik: Sysadmin di Vista « Sinichireina Blog’s

  15. Nokia E61 adalah Hp terbaik yg pernah aku punya…..ga nyesel deh pake hape ini,ayo gabung menjadi pengguna dan pencinta Nokia E61 hehe/.////dia menemaniku kemanapun aku pergi hehe

  16. Jadi kepengen beli juga nih E61, hmm mau rayu dosenku aja ah biar dia jual mudah, soalnya dia pake e61 selama ini gak pernah pake fitur macam2 selain telp sama sms. kali aja dia mau tuker pakai dengan SEk510😀

  17. #36. Kalau mau cari murah sih memang E61 pak, cuma kalau sudah kebanyakan sms (1500 biji) leletnya bikin kesel. Kalau ada duit sendiri, mending pake E63 yg mau keluar, yaitu versi murahnya E71, OS nya kenceng. Atau kayak saya yg pake E51, walaupun nggak QWERTY, tapi kenceng, fiturnya sama.

  18. #38. Kalau SMS di Inbox nya 1500 biji, masalahnya bisa nggak diatasi dgn upgrade firmware ? Saya juga baru kepikiran solusi lain : E61 nya ditambah 2 jadi E63😛

  19. cumigoyeng

    saya 1bulan lalu dapat e65 1.8jeti fullset sayang memori cm 256 T_T tp uda saya ganti 2gb
    emang niat saya cari yg g qwerty biar layar g kemakan keypad nah dapet deh tuh e65 powerfull and beauty dech hohohohoho warn merah soalnya
    yang uda aku utak atik cm segini aj
    bsa maen n-gagenya n85 tp syaratnya firmwarenya harus dibawah 1.0633.18.01 trus harus di hack dolo
    bsa maen BGA,NES,GBC pake emulator
    bsa hotspotan trus make torrent bwt lanjutin donlotan2 yg tertunda😀
    bsa baca file document word 2007 dengan syarat officenya uda di upgrade yg terbaru
    bsa nonton film format avi mpg dkk dengan cari sopwer pendukungnya di forum2 sebelah banyak kok
    bsa ngeremot tv, ac, cd player, dvd player segala merk lumayan bwt iseng😛
    ada navigatornya via blutut dengan beli alat pendukungya (sayang mahal)
    dll deh ntr kalo di jejasin semua kepanjangan hhohohohoho
    karena saya game hardcore, sms maniac, oprek2 hp selalu, jaringan masi belajar
    soal putty di ngage QD dolo uda perna ada ko
    smart deh ni hp g bakal rugi ^^v

    trus saya pk kartu m3 kalo mau internetan ama donlot beli aja pulsa gprs 5000=250menit (jadi promosi neh ^^a)
    sekian pengalaman saya

  20. cumigoyeng

    oh y kalo mas2 mau push email dari hp dengan syarat hpnya make OS symbian 60v3 9.1
    pake aja emoze aplikasinya gratis kok seumur idup kita harus bayar kalo kita mau pake lebih dari 1 email
    uda teruji di e65q ^^v

  21. Ping-balik: Nokia E63 + Nokia Email Service + Tsel Flash, Blackberry killer kah ? « Admin Juga Manusia 2.0 ™

  22. zyke

    wuiihh hp nya keren… sayang belum punya uang buat belinya…
    selamat untuk kalian yang udah punya hp bagus…
    jangan lupa bersyukur ya…

  23. mas… bantuin donk… ak udah konek putty di hp ku.. sukses.. trus.. caranya konekin browser hp ke putty nya gmn????
    ak tunggu jawabnnya d blog ku yah… thankz

  24. ardy

    aku suah naksir ma E6i sejak 2006 (liat Roy Suryo make hp ini he..he.. ) tetapi keburu selingkuh ama laptop. n ngelupai e61. Setelah bekerja ama laptop, baru kerasa beberapa kasus lebih bagus bekerja ama perangkat lebih mobile lagi. Gue jurnalis. Pernah mengeliput sidng di Denpasar, pas buka laptop untuk negetik orang kanan kiri pada noleh. Akhirnya tahun lalu, dengan perjuangan yang superberat, akhrnya aku nemui E61 dalam kondisi buluk banget. Tetpi dalemannya masih ole bnget Kaena tidak ad pikihan (menurut saya toko-toko hp di denpaar sudah menyingkirkan E61 dari rk pajang mereka) . Sekarang aku sudah punya E61. Dan benda ini memng luar biasa. hanya saja baaimana cara langkah-langkah untuk bisa berwifi ria. karena perangkat Wlan di E61 saya tidak rusak. Tanaks mas n mbak atas pencerahannya

  25. fauzy

    yuuu,,,,,,, q setuju bgt mas,,, mengenai hp e61 itu… oya mas q mau tanya boleh kan? ini, bagaimana cara memasukan aplikasi program yang sudah bisa berjalan di komputer,, kemudian program tsb bisa juga digunakan di hp e61 tsb??

  26. Kho_kho

    Slamat pagi…..
    Sya baru pake E61 baru 3 mggu…..
    Walau pun hp jadul, ttp gw beli.. Skarang cuma 650 ribu.ha..ha..
    Yg gw btuhin cuma wifi nya aj…
    Blackberry connect nya berhasil di aktifin,
    tp knapa ya mas, pas pndftaran account bb push email, selalu error..
    Yg tau, help me please…….

Tinggalkan Balasan

