Vista for Sysadmin

Ass.wr.wb.

Hadapi saja, saat ini agak susah melawan dominasi Microsoft dalam menyuplai semua laptop baru dengan OS Windows Vista nya. OK lah kalau anda katakan anda nggak mau menggunakan Vista saat ini, tapi bagaimana dengan tahun depan ? Dua tahun lagi ?

Silakan saja anda mau menggunakan solusi Windows XP dan Linux desktop, nggak masalah kok. Toh sekarang sudah banyak laptop murah dan netbook yang sudah terinstall Linux, tinggal dipakai. Ini kebetulan laptop saya menggunakan Vista, dan saya sudah menggunakannya selama 2 bulan lebih untuk membantu saya mengerjakan pekerjaan sebagai sysadmin.

Yang saya ingin kemukakan adalah beberapa alat bantu atau senjata para sysadmin kalau dikasih laptop dengan OS Windows Vista. Dengan menginstall aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan tadi, mudah-mudahan anda menjadi admin yang lebih wokeh. Ini dia daftarnya  :

  1. PuTTY. Nggak ada ceritanya laptop admin tidak terinstall PuTTY. Karena saat ini PuTTY sudah mendukung serial console, maka sudah tidak ada alasan lagi bagi saya menggunakan aplikasi berbayar seperti SecureCRT. Agar lebih maknyus lagi, silakan konfigur SSH server anda dengan autentikasi public key, lalu install Pageant sebagai SSH key agent agar anda tidak perlu login berkali-kali ke satu server. Mau maknyus kuadrat ? Install PuTTY Connection Manager agar anda bisa membuat PuTTY anda memiliki tab serta multiwindow yang fleksibel.
  2. WinSCP. Ini seperti pasangan sejati PuTTY, serasa tidak lengkap tanpa kehadirannya. Ini dipakai untuk kopi-kopi file ke UNIX server anda. Dia  pun sudah mendukung Pageant dari PuTTY tadi.
  3. Driver USB to Serial untuk serial console port. Kayaknya port serial di laptop itu sudah pantas dimasukkan ke suaka konservasi pelestarian port yang hampir (atau sudah) punah. Penggantinya adalah USB-to-Serial port. Sooner or later anda terpaksa ketemu serial console di perangkat network equipment, jadi pastikan anda sudah punya driver USB-to-Serial di Vista anda. Driver BAFO BF-810 punya saya agak susah carinya, untung sudah ketemu, thanks to mbah Google.
  4. Driver modem 3G atau CDMA. There is unlikely time (but usually likely) ketika kita sedang enak-enak leyeh-leyeh di teras rumah, makan biskuit marie roma dan nyeruput teh, dan handphone anda berbunyi. Someone network in distress, tapi biskuit marie dan teh anda belum selesai dihabiskan. Bagaimana solusinya ? Anda bisa troubleshoot network secara remote dengan modem 3G dan CDMA yang harganya terus turun dari hari ke hari (cek di JakartaNotebook.com kalau nggak percaya), sambil menghabiskan biskuit marie roma dan teh anda. Dengan bantuan PuTTY, masalah bisa segera kelar. Kalau mau lebih ekstrim lagi, anda bisa menginstall PuTTY di handphone Nokia E-series dan mentroubleshoot network dari dalam mobil, seperti yang saya tulis tempo hari.
  5. Wireshark. Bagi orang biasa, mengurus jaringan komputer itu seperti berhadapan dengan ilmu hitam atau black magic. Entah apa itu isi dari kabel ethernet anda, semuanya logical, nggak bisa dirasakan oleh panca indera kita. Itu terjadi sebelum anda menginstall Wireshark Network Analyzer di komputer anda, dan menyalakan fitur SPAN port pada switch managed anda. Akhirnya semua kekacauan yang ada pada jaringan bisa terbuka.
  6. TFTPD32 Jounin. Admin Cisco tidak boleh membiarkan laptopnya tanpa menginstall aplikasi ini. Satu aplikasi yang membuat laptop anda menjadi TFTP server, TFTP client dan DHCP server. Mengkopi IOS image menjadi cepat dan mudah dengan aplikasi ini. Karena HyperTerminal sudah pensiun di Vista, maka silakan menggunakan PuTTY untuk mengakses console anda. 
  7. Winbox.exe. Admin Mikrotik tidak boleh membiarkan laptopnya kosong tanpa kehadiran aplikasi ini. Winbox merupakan cara termanis untuk mengakses Mikrotik anda daripada menggunakan command line nya yang awkward.
  8. Virtual System emulator. Ada macam-macam, mulai dari VMware Workstation atau Microsoft VirtualPC untuk mengemulasikan PC Intel beserta networknya, sampai GNS3 untuk mengemulasikan Cisco lab. Barang-barang ini perlu sebagai tempat playground nya admin untuk melakukan tes dan simulasi, untuk meningkatkan kemahiran anda sebagai admin.
  9. NetStumbler untuk “mengendus” udara yang berisi gelombang Wifi. Dulu saya pakai aplikasi ini, tapi setelah ada aplikasi Gadget Wifi dari Xirrus ini, saya jadi belum perlu NetStumbler. Tampilan si Gadget ini keren banget, kayak sonar kapal selam. Dalam sekali pandang, bisa kelihatan AP yang hadir, lengkap dengan metoda enkripsi yang dipakai. 
  10. Jadi admin bukan berarti lupa sholat. Sholat itu perkara yang wajib bagi umat Islam. Maka dari itu saya menginstall Vista Gadget Praying Times. Mudah2an dengan Vista Gadget ini saya jadi mudah untuk sholat tepat waktu. Lumayanlah untuk dipakai menunjukkan waktu sholat wilayah Indonesia, sedikit banyak cukup akurat. 

Gambar aplikasi-aplikasi tadi ada pada gambar di bawah ini :

praying-time-gadget

Praying Time Vista Gadget

tftpd32

TFTP32 Jounin

winbox

Mikrotik WinBox

putty-conn-manager

PuTTY Connection Manager

Xirrus-wifi-monitor

Xirrus Wifi Monitor Gadget

Segini dulu saja, mudah-mudahan berguna,

wass.wr.wb.

12 pemikiran pada “Vista for Sysadmin

  1. Jangan lupa, parallelssh, dan expect (atau sejenisnya). Tool utk bikin males sysadm, terutama kalau nge-admin banyak server.

    Kalau saya karena sering modus “nebeng komputer” dan kadang susah instal program baru di komputer tersebut (terutama sih rada ndak janji ama kebersihan komputer tebengan), saya mending taruh image Linux`di USB dan jalankan image Linux minimal saya yg sudah penuh tool utk admin, via qemu. Dapat deh semua environment yang biasa saya gunakan.

    Mo bawa notebook kadang males, jadi cukup USB stick aja modalnya.

  2. #3. Iya pak, saya sih sudah merasakan keampuhan aplikasi based on expect (RANCID), saya juga lagi baca2 CFEngine. Kalau saya sih pribadi masih kurang nyaman pake USB disk, mumpung masih muda, masih suka pake laptop yg juga jadi repository file offline🙂

  3. hehehehe…waktu masih di vista n XP aku hampir punya semua point2nya…huhehehehe 7 dari 10 pointnnya terinstall manis di windowsku…skr sih sudah tidak lagi…soalnya udah jatuh cinta sama ubuntu😀

  4. ~ghie

    Gue juga pengguna Vista+OpenSource. Text editor gue ganti pake EditPad Lite, karena tabbed. WIFI detector gue pake inSSIDer. WinSCP, putty, wireshark juga merupakan tools wajib. Ngga lupa install tracetcp, whois, dig (bind). Sempat juga pake ssh terminal yg tabbed, tapi kekurangannya ngga bisa simpan banyak profile.

Tinggalkan Balasan

