Permasalahan Time di FreeBSD GuestOS pada VMware

Ass.wr.wb.

Ada satu permasalahan yang sebelumnya saya hadapi dengan instalasi FreeBSD sebagai GuestOS di VMware Server . Seperti sebelumnya saya pernah tulis di blog sebelumnya , saya suka sekali menggunakan VMware sebagai server ngoprek untuk berbagai aplikasi yang akan saya evaluasi. Mulai dari Windows Sharepoint Server, OpenFire, Request Tracker (RT), sampai dengan CPanel Web Hosting. Selain dari Windows Sharepoint Server yang menggunakan OS Windows Server 2003, saya menggunakan FreeBSD untuk server-server virtual yang saya pasang ini.

Masalah muncul ketika saya cek ke masing-masing server virtual FreeBSD ini. Saya cek kok time dari server ini suka lag (miring) dari time yang semestinya. Ini nggak bener namanya. Iya kalau aplikasi yang running di sini nggak perlu time-sensitive, kalau dia perlu ? Kan susah namanya. Nah, hasil petualangan pencarian solusi ini saya tulis di blog ini.

Pertama saya coba bongkar2 google, dan saya nemu link dari VMware sendiri tentang permasalahan waktu. Inti permasalahannya adalah VMware melakukan beberapa hal dalam emulasi OS ini sehingga ada permasalah time delay ini jika kita melakukan konfigurasi OS kita secara default. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menginstall VMware Addition Tools, tapi nampaknya solusi ini hanya berhasil dengan GuestOS Windows, setidaknya itu yang saya coba. Saya sudah coba install VMware Tools ini di FreeBSD, tapi tidak ada perbaikan.

Setelah bongkar2 Google lagi dengan lebih intensif, maka ada tiga solusi yang bisa dilakukan :

1. Tambahkan baris kern.hz="100" di /boot/loader.conf. Solusi ini saya dapat dari link ini.

2. Tambahkan baris hint.apic.0.disabled=1 di /boot/loader.conf. Solusi ini saya dapat dari link ini.

3. Ada juga yang merumuskan solusi dengan mengubah frekuensi APIC dari FreeBSD dengan rumus di sini :

new-frequency / 3579545 = 86400 / (86400 - 4.692368)

Yang jelas, setelah saya lakukan solusi #1 dan #2, waktu di FreeBSD virtual saya jadi normal lagi, mengikuti waktu di Host OS VMware nya yang saya sinkronkan timenya dengan NTP.

Mudah-mudahan membantu.
Wass.wr.wb.

3 pemikiran pada “Permasalahan Time di FreeBSD GuestOS pada VMware

  1. teenoie

    Zuma’s Revenge is world’s most popular ball-blasting action game is back…with a vengeance! Survive a newly evolved world of Zuma, where evil tiki bosses rule the land! Fire spheres to make matches, destroy the deadly stream of balls, and battle six imposing bosses. Slide and hop for sharper shots, and score explosive power-ups. Will you succumb to the perilous pitfalls, or can you conquer this ball-blasting challenge?

Tinggalkan Balasan

