Kecil-kecil jadi Admin

Ass.wr.wb.

Kemarin iseng-iseng baca situs Network World, dan ada berita yang keren banget : anak umur 11 tahun (kelas 6 SD) jadi admin di SD nya dia. Namanya Jon Penn. Alasannya karena dia suka komputer dan ingin menolong ibunya yang bekerja di perpustakaan sekolah yang sama. Ini terjadi bukan di Indonesia sih, tapi di Amerika sono. URL nya ada di sini : 11-years old takes school network by the horns. Foto-fotonya ada di Slideshow Network World. Bisa dengerin podcast nya pulak. BTW muka anaknya mirip Macaulay Culkin di Home Alone πŸ˜€

Jon Penn (c) 2008 Network World

Kalau komentar saya sih, sebenarnya sangat baik kalau anak-anak sudah dibiasakan membantu orang mengerjakan pekerjaan yang berguna dan membangun. Salah satu contohnya adalah menjadi admin pengurus jaringan. Dia bisa tahu susahnya merancang jaringan, mendeploynya, serta mengurusi segala tetek bengek permasalahan yang timbul di jaringan itu, dengan niat melayani orang. Kalau orang Islam, niatnya sebaiknya mencari keridhaan Allah.

Lain sekali dengan tren yang saya lihat sekarang di Indonesia. Coba anda pergi ke Gramedia, dan lihat buku apa yang saat ini paling banyak ditulis saat ini. Saya lihatnya ada dua macam topik :

  1. cara menjadi hacker yang bisa membobol sistem orang dengan instan (pake script hack buatan orang pulak)
  2. cara menjadi celeb blog πŸ˜€

Intinya sih sekedar jadi terkenal aja. Kalau komentar saya tentang hal ini adalah “Terkenal itu bukan tujuan, tapi terkenal itu adalah efek samping!“. Kalau memang kita ini damn good dalam sebuah hal (misalnya jadi admin yang baik), kita itu sudah terkenal dengan sendirinya kok, nggak perlu dicari-cari cara agar terkenal. Percaya deh πŸ™‚

Saya kepinginnya anak-anak Indonesia juga bisa kayak gini, menjadi orang yang mengerjakan pekerjaan yang berguna dan membangun. Tentunya ia dilandasi dengan niat yang baik, terutama niat mencari keridhaan Allah dengan melayani orang menggunakan ilmu yang kita miliki. Bukannya niat jadi terkenal, cari muka, udang di balik batu, dan sebagainya. InsyaAllah keberkatan Tuhan akan dicurahkan kepada kita semua. Amin.

Wass.wr.wb.

Iklan

Toyota Prius sneak peek @ ITB

ass.wr.wb.

08042008

08042008(002)

08042008(001)

08042008(003)

Pagi-pagi jalan di dekat Campus Center ITB, eh ada Toyota Prius. Inilah mobil ngganteng yang “environmental friendly“, hemat energi, ramah lingkungan, atau apalah semua sanjung puji yang diberikan kepadanya,  dengan sebab karena mesinnya yang hybrid, gabungan antara mesin batere dan bensin. Saya juga gak tahu detailnya sih, silakan baca aja website Toyota Prius.

Mobil ini ada di ITB utk sebuah alasannya, yaitu Toyota National Design Competition & Seminar. Acara cuma hari ini aja, 8 April 2008, tempatnya di Campus Center ITB dari jam 0900 s/d 1700. Ini fotonya. Nggak tahu saya nanti mampir kesitu apa nggak, cuma seneng lihat Toyota Priusnya aja sih πŸ™‚

08042008(004)

UPDATE : Tambahan foto2 interior nya, tadi iseng lewat situ, ternyata sudah dibuka-buka.

08042008(007)

Setir di depan (masa di belakang sih ?)

08042008(008)

Slot smartcard (?) utk kunci di sebelah kiri, tombol Power di sebelah kanan (kayak komputer aja)

08042008(009)

Console informasi. Sayang mobilnya mati. Di kanan bawah itu gigi otomatis.

08042008(011)

Interior penumpang bagian depan.

08042008(012)

Bagasi belakang.

wass.wr.wb.

So much oprekan, so little time

ass.wr.wb.

Terlalu banyak mainan, terlalu sedikit waktu yang tersedia :

  • VMware Infrastructure 3 (VI3).

Virtual Infrastructure 3

VMware ESX 3.5 ditambah VirtualCenter 2.5.0. Membuat datacenter virtual dengan 2 buah HP Proliant DL385 G2 @ Dual Core Opteron 2218 2,5 GHz, RAM 4GB. Storage external dgn iSCSI atau NFS (belum sempat pakai Fibre Channel). Timeframe : minggu2 ini.

  • NetApp FAS270c + Brocade Silkworm 200E + QLogic HBA.

06042008(006) 06042008(013)

06042008 07042008

Dari kiri atas, clockwise : NetApp FAS270 dgn 14 disk FC, NetApp disambungkan ke switch FC Brocade Silkword 200E, HBA QLogic, setup instalasi switch FC dan storage NetApp nya.

Oprek Storage Fibre Channel di FreeBSD. Oprek fitur iSCSI dan tidak lupa fitur2 snapshot dan backup di NetAppnya. Timeframe : sebelum Jumat depan harus dikembalikan, maklum barang dapat minjam πŸ™‚

Ngurus dua mainan yang diatas aja sudah pusing, belum lagi mainan yang lain-lainnya, beserta hutang-hutang kerjaan yang belum selesai. Pusing mengerjakannya, pusing mendokumentasikannya, apalagi menuliskannya di sini πŸ™‚ Nanti saja,  kapan-kapan saya cicil satu persatu tulis disini.

wass.wr.wb.