Habis Hyperterminal terbitlah PuTTY

ass.wr.wb.

Karena sesuatu hal, dengan terpaksa laptop saya berubah dari satu merek ke merek lain. Bukan hanya itu, OS nya juga berubah, dari Windows XP menjadi Windows Vista. Dan jangan lupa ya, jangan sekali-sekali menjalankan Windows Vista itu dengan RAM < 1 GB, kecuali anda sedang melatih sifat sabar anda dengan sengaja. Tanpa pikir panjang, langsung saya beli RAM SODIMM DDR2 1GB dari toko komputer, dan akhirnya laptop saya ini masih bisa dipakai.

Windows Vista Home Basic yang saya pakai ini sebenarnya nggak berbeda banyak dengan Windows XP. Paling hanya ganti penampilan, walaupun 3D Flip dan Aero nya nggak keluar. Yang saya suka adalah akhirnya Windows mengupdate Games-gamesnya🙂 Mulai dari FreeCell, MineSweeper, Solitaire dan sebagainya. Warnanya jadi lebih halus, dan suaranya lebih menarik.

Tapi bukan itu yang ingin saya bicarakan di posting ini. Yang saya bicarakan adalah menghilangnya sebuah aplikasi yang sudah menjadi makanan wajib para administrator jaringan dan router Cisco, yaitu aplikasi HYPERTERMINAL. Aplikasi ini sudah ada sedjak jaman Windows 95 (atau Windows 3.1 ya? CMIIW) dan sangat membantu administrator jaringan untuk tersambung dengan console router Cisco dengan setting port serial 9-N-1 dengan speed 9600 bps. Saya pribadi sih nggak suka pakai Hyperterminal, karena scrollingnya jelek, kecuali terpaksa. Saya pakai aplikasi SecureCRT yang memiliki seluruh fitur SSH2, Telnet dan Serial dalam satu aplikasi yang jendelanya bagus, serta tampilan terminalnya bisa di-customize.

Setelah saya pakai Windows Vista ini, dan mengurus router Cisco dengan SecureCRT, iseng-iseng saya cek di Accessories untuk mencari dimana aplikasi HyperTerminal ini, dan ternyata nggak ketemu. Saya coba cari di Help And Support Windows Vista, saya menemukan gambar ini :

HyperTerminal is no longer part of Windows Vista

Yah, akhirnya sampai di sini saja riwayat dari HyperTerminal. Selesailah sudah.

Tapi bagaimana solusinya bagi admin Cisco yang perlu aplikasi untuk menconsole router, tapi nggak nemu installer SecureCRT ? Solusinya adalah menggunakan PuTTY!

Lho kok PuTTY ? Kan dia cuma bisa buat SSH dan telnet saja ? Ternyata PuTTY sudah bisa dipakai untuk tersambung ke port serial. Kalau nggak percaya, coba baca link dokumentasi PuTTY berikut.

Nah akhirnya saya ucapkan selamat berpindah peralatan dari HyperTerminal ke PuTTY. Kalau saya sih lebih suka pakai SecureCRT, tapi itu terserah anda.

Mudah-mudahan berguna,

wass.wr.wb.

10 pemikiran pada “Habis Hyperterminal terbitlah PuTTY

  1. Siang ini saya roll back, balik lagi pake Old XP.
    Vista ?
    Sementara ini masih nggak worth deh…
    Mungkin 1 – 1,5 tahunan lagi.
    Kira-kira gitu menurut saya

    Putty ? Salut dengan perangkat satu ini.
    Sobat setia bagi saya.😀

  2. #1. Wah gak tahu ya.

    #2. Saya sih juga pengen pake XP, tapi studi empiris membuktikan bahwa membeli RAM 1GB itu dapat menghemat waktu penggunaan laptop 50% daripada menginstall XP🙂 Kalo saya nginstal XP bisa 2 hari nggak pake laptop, kalau beli RAM cukup sehari RAM sudah dateng, langsung dipasang, dan laptop siap dipakai.

    Ya itung2 membiasakan diri pake vista, jadi nggak bego2 amat kalo ditanyain orang masalah vista. Kan sekarang semua orang beli laptop dikasih vista, karena hari2 ketemu user, ya terpaksa harus tahu OS apa yang mereka pakai.

  3. wah saya jadi ndak enak nih…
    bukannya bermaksud meng-insult pembelian RAM 1GB lho….

    emang namanya user (seperti saya) yang sudah vendor lock in, ndak bisa ngapa-ngapain kalo principal sudah berkehendak

    Jelek buruknya pendapat kita tentang Vista mungkin gak banyak pengaruh …

    Daripada ketinggalan kereta emang lebih baik belajar Vista juga …
    Moga-moga komplain – komplain user bisa memperbaiki kualitas Vista…

    Dan inilah enaknya ngobrol sama orang sebangsa😀 selalu bisa mencari nikmat dibalik yang gak enak …

    hehehehe….

    BTW koq bisa 2 hari install XP laptop gak kepake bos ? Emang installnya banyak sehingga lama ya ?
    Kalo saya biasanya saya akalin dengan bikin Image Ghost ke DVD.
    DVDnya saya burn bootable, plus dos/win3.1 mini dan ghost.exe…
    Jadi ada apa-apa tinggal restore aja, gak sampe sejam udah bisa dipake …

  4. Ping-balik: Vista for Sysadmin « Admin Juga Manusia 2.0 ™

  5. Ping-balik: Beberapa Tools admin di Vista « Sinichireina Blog’s

  6. Victor Andri Berel

    Ass Wr Wb,
    Hi, Broe
    Makasih atas Informasi-nya…
    Aku selama ini pakai Putty aplikasi.
    Kalau bisa mohon bantuan-nya mas untuk dapat-in
    SecureCRT,bisa di-download dimana yg gratis.
    Sebelumnya banyak terima kasih.
    Best Regards,
    Victor Andri Berel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s