Kalau saya disuruh bikin Datacenter

Ass.wr.wb.

Maaf ini lagi kebanyakan kerjaan, jadi susah kalau mau nulis agak detail. Sekedar snippet2 aja, kalau mau detail, google aja.

Kalau saya disuruh bikin datacenter, saya akan bagi pekerjaan saya menjadi 3 hal :

  1. Networking
  2. Server
  3. Storage dan Backup

Pertanyaannya, tiga hal yang seperti apa ? Ini dia :

  1. Virtualized Network. Sebuah network yang memiliki satu infrastruktur fisik, namun dapat dibuat menjadi sekian banyak jaringan yang terpisah secara logik/virtual. Kata kunci : MPLS, VRF, VRF-Lite/Multi-VRF.
  2. Virtualized Server. Server yang secara fisiknya terdiri dari satu server, namun dapat dibagi-bagi menjadi sekian banyak server virtual. Gunanya adalah mengurangi jumlah server di ruang datacenter, sehingga mengurangi konsumsi listrik, pendingin, serta memudahkan administrator datacenter. Saya juga akan memilih teknologi Blade Server yang mampu memadatkan sekian buah server didalam satu “kandang” dengan tujuan optimasi listrik, AC dan administrasi. Kata kunci : blade server, virtual server, VMware ESX, Microsoft Virtual Server, Sun Zones/Container.
  3. Virtualized Storage dan Backup. Storage yang secara fisiknya hanya ada satu, namun dapat dibagi-bagi menjadi storage virtual yang terpisah-pisah untuk masing-masing keperluan. Kata kuncinya : SAN, Virtual SAN, Fibre Channel, iSCSI.

Intinya, dengan mengkonsentrasikan resource IT pada sebuah tempat, dan dengan teknologi konsolidasi dan virtualisasi yang tepat, maka penggunaan resource IT akan lebih optimal dengan adanya resource sharing didalam satu infrastruktur yang handal.

Kalau mau baca tentang hal ini, baca aja www.cisco.com/go/datacenter.

Sementara itu dulu,

wass.wr.wb.

-affan

4 pemikiran pada “Kalau saya disuruh bikin Datacenter

  1. bikin datacenter itu lebih dari 7 layer osi. bukan hanya network, server, storage, backup yang harus dipikirkan. apalagi hal2 itu adalah layanan terhadap pengguna datacenter.

    yang lebih penting adalah fisiknya. bagaimana mengatur raised floor, sistem pendingin, cabling, power dan ups, rack, patch panel, dll.
    baru kalo fisiknya dah kelar bisa masuk ke 7 layer osi sembari mikir layanan di datacenter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s