Jasmani dan Rohani menurut Admin

Assalamu ‘alaikum wr.wb.

2486922110_cd5e38135e_m

Pic from: http://www.flickr.com/photos/aldoaldoz/2486922110/

Saya ingin berbicara tentang jasmani dan rohani manusia yang dapat dianalogikan dengan sistem komputer yang saya ketahui.

Sistem komputer terdiri dari dua bagian: Perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software). Perangkat keras ini terdiri dari berbagai perangkat yang membentuk sebuah sistem komputer:
a. CPU (prosesor)
b. RAM (memori)
c. Harddisk (penyimpan data)
d. Power supply
e. Motherboard dan segala komponennya
f. Casing

Perangkat lunak terpasang pada komputer setelah komputer tersusun. Perangkat lunak pertama adalah OS (Operating System atau sistem operasi). Dengan bantuan OS ini, maka pengguna dapat mulai menggunakan komputernya untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berguna. Ada juga satu perangkat lunak di dalam komputer bernama BIOS (Basic Input Output System) yang berfungsi mengenali perangkat-perangkat keras di dalam komputer.

Perangkat keras pada komputer dapat anda pegang dengan panca indera anda, namun perangkat lunak komputer tidak dapat anda pegang. Dia ada secara logical, bukan physical.

Komputer dinyatakan menyala, berjalan dengan baik apabila perangkat keras dan perangkat lunak berjalan sesuai dengan fungsinya, karena perangkat keras dan perangkat lunak ini berjalan sebagai suatu kesatuan. Jika ada salah satu perangkat keras atau perangkat lunak ini rusak atau tidak berjalan dengan baik, komputer dinyatakan tidak bekerja.

Sebagai contoh, kalau perangkat keras rusak, maka komputer tidak akan berjalan. Misalnya power supply komputer mati, atau harddisk tidak terdeteksi pada sistem. Anda tidak akan dapat menyalakan komputer jika perangkat kerasnya mengalami permasalahan.

Demikian juga dengan perangkat lunak. Jika perangkat lunak mengalami masalah, misalnya OS-nya corrupt, ada driver yang tidak mau di-load, atau terkena virus komputer, maka komputer tidak akan dapat dipakai dengan baik oleh penggunanya. Terpaksalah dipergunakan perangkat lunak tertentu untuk memperbaiki kerusakan sistem tersebut.

Demikian juga dengan manusia.

Manusia memiliki dua komponen utama, yaitu jasmani dan rohani. Jasmani adalah jasad lahiriyah manusia, sementara rohani adalah nyawa dan ruh manusia. Kalau salah satu dari komponen ini bermasalah, maka manusia itu akan bermasalah. Manusia tadi dikatakan sebagai orang sakit.

Perangkat jasmani manusia adalah jasad badan kita, lengkap dengan otak, panca indera dan seluruh komponen lainnya. Kalau misalnya salah satu saja dari perangkat jasmani kita ada yang tidak berfungsi, kita dikatakan sakit. Jika mata kita tidak berfungsi, kita dikatakan buta. Jika telinga kita tidak berfungsi, kita dikatakan tuli. Jika sebagian otak dan syaraf kita tidak berfungsi, kita dikatakan stroke.

Perangkat rohani manusia adalah nyawa, ruh atau hati. Perangkat rohani merupakan "software" yang di-install kepada manusia. Ia tidak bisa dilihat, dipegang, atau dirasakan oleh perangkat jasmani kita. Tapi ia ada. Kalau ia tidak ada, maka manusia dikatakan tidur, pingsan, koma, atau bahkan mati.

Ada dua macam "software" yang di-install Pencipta manusia kepada manusia, yaitu ruh yang keluar dari tubuh manusia bila manusia tidur, dan ruh yang keluar dari tubuh manusia ketika manusia mati. Kita dapat analogikan ruh ini sebagai BIOS dan OS dari manusia.

Manusia diciptakan Tuhan, maka dari itu "user guide" dan "administration guide" nya dari Tuhan juga, dan disesuaikan dengan "hardware" dan "software" yang sudah Tuhan installkan kepada manusia. Ini bisa dilihat dari tiga panduan ibadah dari Tuhan kepada manusia.

a. Rukun Iman
b. Rukun Islam
c. Rukun Ihsan
 
Rukun Iman adalah ibadah yang harus diyakini oleh ruh kita. Ibadah ini adalah ibadah yang tidak kelihatan secara fisik, namun ia adalah ibadah ruhani. Kalau diibaratkan dengan sistem komputer, ia adalah program bagi sistem operasi manusia.

Rukun Islam adalah ibadah yang harus dilakukan oleh jasad kita. Ibadah ini adalah ibadah yang kelihatan secara fisik. Kita bisa melihat orang yang melakukan rukun Islam ini. Kalau diibaratkan dengan sistem komputer, ia adalah standar perawatan perangkat keras manusia.

Rukun Ihsan adalah ibadah yang harus dijalankan oleh ruh kita. Ringkasnya Ikhsan adalah perasaan cinta dan takut kepada Tuhan yang ada pada diri kita yang menyertai kita setiap saat, walaupun kita sedang beribadah atau tidak. Kata baginda Rasulullah SAW “Hendaklah kamu sembah Allah seolah-olah kamu melihat-Nya. Memang kamu tidak dapat melihat Tuhan tetapi hendaklah kamu sadar dan rasakan di dalam hati kamu, bahwa Tuhan melihat kamu.” (Riwayat Muslim)

Apa efeknya jika manusia mengikuti panduan dari Sang Pencipta manusia ini sesuai dengan "user guide" dan "administration guide" yang Ia berikan? Efeknya manusia akan menjadi makhluk yang luar biasa. Diibaratkan dengan sistem komputer, ia akan mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan cepat dan maksimal. Jika ia komputer desktop stand-alone, ia akan menjadi desktop yang cepat, membuat pemilik komputer mampu menghasilkan bermacam-macam keluaran dari aplikasi yang terpasang.

Bagaimana kalau sekian banyak orang mampu melaksanakan panduan dari Tuhan ini, dan kesemuanya diikat dalam satu panduan jamaah? Efeknya jamaah tadi akan menjadi jamaah yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar mengikuti kehendak Tuhan. Diibaratkan seperti sebuah cluster komputer yang jumlahnya puluhan, ratusan, bahkan ribuan komputer, dengan konfigurasi yang seragam dan berada dalam satu pengaturan Control Node, mereka mampu menyelesaikan permasalahan komputasi yang membutuhkan waktu yang sangat lama jika diselesaikan oleh sebuah komputer stand-alone.

Lalu apa jadinya jika manusia tidak mau mengikuti panduan dari Tuhan ini? Ia diibaratkan menjadi sebuah komputer yang tidak dirawat, yang akhirnya akan merusak komputer itu sendiri.

Jika ia tidak dirawat hardware nya, misalnya fan nya tidak dibersihkan, fan akan tersumbat oleh debu, membuat disipasi panas tidak dapat dikeluarkan dengan sempurna dari komputer, sehingga membuat komponen perangkat keras cepat rusak. Jika manusia tidak membersihkan jasad fisiknya, misalnya dengan mandi setiap hari dengan sabun kesehatan, maka ia lama-kelamaan akan sakit karena penyakit yang muncul disebabkan banyaknya kotoran yang menempel pada tubuhnya.

Tapi lebih berbahaya sebuah komputer yang tidak dirawat software nya. Misalnya sebuah komputer dengan OS versi lama, yang tidak menjalankan security patch dari vendor OS nya. Ia akan rentan dengan ancaman virus komputer. Jika ia terkena virus komputer, bukan hanya komputer itu sendiri yang rusak, namun ia juga menyebarkan virus tersebut ke komputer lain melalui jaringan Internet.

Itulah yang kita lihat sekarang di dunia ini. Banyak manusia yang tidak dirawat ruh nya, akhirnya ruh nya sakit. Mereka tidak kenal Tuhannya, akhirnya meninggalkan perintah Tuhan dan malah melaksanakan larangan Tuhan. Akhirnya bukan hanya mereka sendiri yang rusak, namun mereka merusakkan orang lain. Ibarat virus komputer, mereka mencari komputer yang rentan terhadap virus komputer tadi, dan merusak komputer lainnya, terus menerus.

Oleh karena itu, marilah kita coba membaca kembali "user guide" dan "administration guide" yang telah Tuhan berikan kepada kita, dan pelan-pelan mencoba mengamalkan kembali panduan ini. Mudah-mudahan jasmani dan rohani kita bisa di-upgrade agar sistem manusia di dalam diri kita ini terawat, agar kembali bersih ketika kita kembali ke-haribaan-Nya.

Wassalam.

Disclaimer: Tulisan ini merupakan interpretasi saya terhadap ilmu yang telah diberikan Guru Mursyid saya Abuya Syeikh Imam Ashaari Muhammad Attamimi, mudah-mudahan bermanfaat bagi semua orang. Jika ada pahalanya di sisi Tuhan, saya hadiahkan pahala tadi untuk Guru Mursyid saya dan kedua orang tua saya.

6 pemikiran pada “Jasmani dan Rohani menurut Admin

  1. postingannya menarik mas, analogi yang pas. Semoga tulisan diatas dapat menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa bila ada satu komputer yg terkena virus maka ia akan menyebarkan ke komputer lain. Sama juga dengan manusia yg sudah terkena ajaran yg tidak benar dia akan menyebarkan ke yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s