13 Tips Migrasi Keyboard Shortcut Mac OS X bagi Mantan Pengguna Windows

Salam,

Dalam perjalanan melakukan revolusi mental berpindah ke Mac OS X, salah satu permasalahan yang saya hadapi adalah berubahnya keyboard shortcut yang biasa dipakai di Windows.

Keyboard MacBook Pro
Keyboard MacBook Pro

Anda bisa lihat dari gambar keyboard di atas ini bahwa ada yang berbeda dengan keyboard MacBook Pro yang kini saya pakai. Ada tombol Command (⌘), tombol Alt/Option (⌥) dan tombol Control di bagian kiri bawah keyboard. Anda perhatikan juga di sisi kanan atas keyboard hanya ada tombol Delete, tidak ada tombol PgUp/PgDown, Home/End dan tidak ada tombol Backspace & Delete. Bagi seorang pengguna komputer seperti saya, menggunakan keyboard jauh lebih cepat daripada menggunakan mouse atau trackpad. Bagaimana cara saya membiasakan diri dengan keyboard baru dan operating system Mac OS X yang baru?

Berikut 13 cara yang saya pakai untuk melakukan perubahan:

  1. Ganti tombol function kepada default: F1-F12 terlebih dahulu. Laptop Windows yang saya pakai dulunya adalah Lenovo ThinkPad T420 dengan keyboard Fn berada di ujung kiri bawah keyboard. Ganti pada System Preference – Keyboard, lalu pilih centang pada opsi “Use all F1, F2, etc. as standard function keys”.

    keyboard-pref-f1-12
    Opsi Keyboard pada System Preference.
  2. Function seperti Volume min/max/mute  menggunakan tombol Fn-F10/F11/F12. Pencet Fn seperti halnya Function Keys pada laptop ThinkPad.
  3. Control (⌃) dipakai untuk shortcut Terminal UNIX dan Windows. Kalau anda login SSH via Terminal, menggunakan VirtualBox/VMware Fusion ke VM Windows, atau menggunakan aplikasi remote console seperti Microsoft Remote Desktop atau VNC/Screen Sharing, anda pakai tombol Control untuk melakukan fungsi Ctrl di Windows & UNIX.
  4. Alt/Option (⌥) dipakai untuk navigasi dengan tombol Arrow di MacOS X. Alt-Delete (⌥-Delete) menghapus satu kata ke kiri. Alt-Left (⌥-Left)/Alt-Right (⌥-Right) bergerak satu kata ke kiri/kanan.
  5. Command (⌘) dipakai utk shortcut umum di MacOS X: Copy/Cut/Paste/Select All: ⌘-C, ⌘-X, ⌘-V, ⌘-A, lalu Undo/Redo: ⌘-Z, ⌘-Y, Save/Open/Close/Find: ⌘-S, ⌘-O, ⌘-W, ⌘-F.
  6. Gunakan aplikasi Spotlight dengan mengetik Command-Space (⌘-Space) utk memanggil aplikasi dgn mengetik namanya. Juga utk search. Biar nggak kelamaan pilih aplikasi pakai mouse. Aplikasi Spotlight bisa diakses dengan memilih icon kaca pembesar di bagian kanan atas layar.
  7. Delete menghapus seperti halnya Backspace (delete satu karakter di kiri kursor). Utk mendelete ala Windows (delete satu karakter di kanan kursor), pakai Fn-Delete.
  8. Special character dapat diakses pakai Ctrl-Command-Space (⌃-⌘-Space) jika anda perlu menulis huruf khusus seperti é, ©, atau ⌫. Font Wingdings tersedia di sini, juga emoji.
  9. Switch aplikasi gunakan tombol Command-Tab (⌘-Tab), mirip seperti Windows yang menggunakan Ctrl-Tab.
  10. Switch antar window di satu aplikasi gunakan tombil Command-`(⌘-`). Kenapa karakter “`”? Karena karakter “`” ada di atas tombol Tab. Ini berguna jika anda membuka beberapa window aplikasi seperti MS Word, atau Terminal dan anda perlu berpindah window dengan cepat.
  11. Switch tab di satu window aplikasi gunakan tombol Ctrl-Tab, dipakai untuk berpindah tab pada Chrome/Safari/Firefox.
  12. Print Screen di Mac OS X menggunakan aplikasi Preview, lalu pilih File dan pilih Take Screen Shot. Ada tiga pilihan: From Selection, From Window dan Entire Screen.
  13. Tombol Home/End dan PgUp/PgDown tidak digantikan secara penuh. Saya coba pakai ⌘-Up dan ⌘-Down di browser untuk berpindah ke awal dan akhir halaman, namun shortcut ini tidak bisa dipakai untuk aplikasi Preview. Aplikasi Preview menggunakan tombol Alt-Up (⌥-Up) dan Alt-Down (⌥-Down) sebagai PgUp dan PgDown, namun fitur tombol Home/End tidak ada.

Setelah melakukan perubahan tadi, akhirnya saya sudah dapat menggunakan Mac OS X ini dengan kecepatan yang memadai sehingga terlihat tidak kikuk menggunakan Mac OS X. Beberapa hal juga ingin saya bahas, mulai dari Gestures sampai dengan aplikasi UNIX Terminal di Mac OS X, namun itu untuk di lain artikel saja.

Kalau anda terobsesi mengetahui lebih banyak lagi keyboard shortcut MacOS X, silakan lihat dan pelajari link di bawah ini:

Mudah-mudahan berguna.

Wassalam,

3 pemikiran pada “13 Tips Migrasi Keyboard Shortcut Mac OS X bagi Mantan Pengguna Windows

    1. Trims mas, aku sih belum pernah pakai Emacs, aku personally pakai vi utk editing di Terminal, cuma kebiasaan kalau masuk console UNIX. Sekarang di localhost sudah pakai console UNIX sendiri, jadi seru, apalagi pakai Brew sudah bisa install macem-macem.

      Maklum ini masih honeymoon dgn laptop baru, masalah-masalahnya belum keluar🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s