Tips mendapatkan Ebook IT legal bagi Sysadmin dan Networkers

Salam,

Seorang sysadmin atau networkers yang betul-betul mendalami profesinya di bidang IT pastinya memerlukan update informasi untuk meningkatkan keunggulan dan kompetensinya. Update informasi ini didapatkan melalui berbagai media, baik itu berupa buku, manual, ataupun blog post dari sesama networkers maupun update informasi terbaru dari vendor.

Saya sebagai seorang sysadmin dan networkers memerlukan update informasi melalui buku, baik itu buku cetak maupun buku elektronik, untuk memahami sebuah topik yang cukup panjang dan mendalam, seperti teknologi cloud, virtualisasi, IP routing & switching, network services (DNS, DHCP, LDAP), service provider networks, dan berbagi topik lainnya yang mendasar yang tidak cukup dipahami dengan sekali menonton video atau tutorial sederhana di blog. Topik-topik seperti ini tidak bisa dibaca sekali saja, dan harus disertai dengan praktek, dan jika gagal praktek, dibaca lagi, sampai mengerti.

Sudah jadi rahasia umum di kalangan sysadmin dan networkers, bahwa buku elektronik IT ini bisa didapatkan melalui jalur non legal, yang tidak akan saya bahas di sini. Saya di sini hanya ingin membahas tentang bagaimana caranya sysadmin dan networkers mendapatkan ebook IT yang legal, namun biayanya tidak besar, bahkan ada yang gratis.

Ebook IT legal yang saya ketahui ada beberapa, mereka diantaranya adalah:

Ini cara paling maknyus untuk mendapatkan ebook IT legal, walaupun tidak gratis.  Hanya dengan berlangganan USD9,99 saja (dengan kurs USD-IDR terakhir, saya sebulannya membayar 117 ribu rupiah) anda sudah mendapatkan 5 slot yang bisa diisi ebook IT yang anda inginkan. Jumlahnya ada sekian ribu, saya lupa persisnya, namun penerbit IT terkemuka menerbitkan bukunya di sana, seperti O’Reilly Media, Cisco Press, John Wiley, Addison Wesley, Packt Publishing, dan lain-lainnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda berlangganan subscription 5-slot ebook dan anda mendapatkan 5 slot yang bisa anda isi dengan 5 ebook pilihan anda
  2. Pada bulan pertama anda memasukkan ebook ke dalam slot ini, ebook yang anda masukkan tidak dapat diganti selama 1 bulan pertama
  3. Anda membaca buku ini dari web browser di komputer anda. Jika anda punya gadget iOS (iPhone/iPad) atau Android, anda bisa membaca buku ini secara online dari aplikasi Safari Books Online untuk gadget anda.
  4. Bagi gadget iOS dan Android tadi, ada opsi Offline Folder pada Safari Books Online apps berisi 3 slot ebook untuk menyimpan ebook yang anda subscribe tadi di dalam gadget sehingga anda tetap dapat membaca ebook tadi walaupun tidak tersambung ke Internet.
  5. Setelah sebulan berlalu, ebook yang anda baca dapat dihapus dari slot dan diganti dengan ebook yang lain. Ebook yang masih ingin anda baca dapat tetap anda simpan.
  6. Buku yang tersimpan dalam Offline Folder pada Safari Books Online apps iOS/Android tetap tersimpan dalam gadget walaupun buku yang anda baca di 5 slot tadi dihapus. Kalau anda punya 2 gadget iOS/Android, anda sebenarnya punya 2 x 3 = 6 slot offline books🙂 Ditambah 5 slot online, anda punya 11 ebook yang dapat anda baca dalam satu waktu😀

Berikut tampilan aplikasi Safari Online Books di iPad saya.

Daftar buku yang telah anda baca di Safari Online Books di iPad
Daftar buku yang telah anda baca di Safari Online Books di iPad
Memilih buku yang akan dibaca
Memilih buku yang akan dibaca
Tampilan ebook di Safari Books Online di iPad
Tampilan ebook di Safari Books Online di iPad

Vendor networking Juniper membuat kumpulan ebook yang mereka sebut Juniper Day One Books. Tujuannya tentu saja membuat produk mereka dikenal oleh networkers. Buku-buku ini dapat didownload secara gratis ke komputer anda, dan tersedia dalam format PDF dan EPUB. Walaupun ebook ini tersedia secara gratis, bukan berarti kualitasnya rendah, namun beberapa diantaranya cukup lengkap dan topik yang dibahas cukup lanjut, seperti MPLS, IPv6, firewall scaling, advanced OSPF, BGP dan lain-lain.

Vendor IP networking dan storage networking Brocade membuat kumpulan ebook yang mereka sebut Brocade Data Center Practices. Brocade yang sebelumnya hanya merupakan vendor perangkat storage area networking (SAN) mengakuisisi vendor IP networking Foundry Networks sehingga Brocade mampu menawarkan solusi IP dan SAN networking untuk data center. Ada setidaknya 2 buku networking yaitu Brocade IP Primer yang menjelaskan networking basic & advanced yang menarik dibaca bagi networkers Cisco, dan Brocade New Data Center  yang menjelaskan konsep data center terbaru berbasis IP/SAN fabric networking.

Saya sendiri baru sadar beberapa hari yang lalu, bahwa Microsoft Press juga menerbitkan free ebook untuk memperkenalkan teknologi terbarunya, terutama di bidang Windows Server, Windows Azure, System Center serta App Development for Windows. Salah satu buku yang menarik dibaca bagi networkers adalah ebook mengenai Building Virtualized Network Solution dan Introduction to Windows Azure sebagai solusi public cloud yang dimiliki oleh Microsoft.

Yang terakhir adalah BSD Magazine bagi anda yang menggemari teknologi open source, terutama dari BSD operating system, yaitu FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD. Walaupun bukan buku, namun majalah elektronik BSD Magazine membahas beberapa teknologi dari dunia open source BSD. Diterbitkan sebulan sekali secara gratis, BSD Magazine sudah berjalan kurang lebih tiga tahun, dan tulisannya cukup bermutu membahas teknologi terbaru dari BSD operating system serta aplikasinya.

Demikianlah yang bisa saya share tentang tips mendapatkan ebook IT secara legal. Tapi yang jelas, ebook itu kalau sudah didapat, ya harus dibaca, dan dipraktekkan. Kalau nggak dipraktekkan ya nggak ada gunanya. Selamat membaca!

Wassalam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s