Blogging dengan iPad Mini

Salam,

Affan masih blogging? Ternyata blogging itu hanyalah alasan untuk mengetes performa gadget/gawai baru yang ada di tangan saya.

20121216-224359.jpg

E-book reader? Bukan sembarang e-book reader, ia adalah iPad Mini. WiFi. 32GB storage.

iPad Mini. Performa bukan keunggulan gawai ini, namun ukuran, berat serta harga menjadi keunggulannya. Kecil, bisa dipegang dengan satu tangan, ringan (tidak berat seperti iPad biasa) serta harganya berada di bawah angka 5 juta membuat gawai ini menarik untuk dipakai. Artikel ini diketik langsung pada iPad, cukup nyaman menggunakan keyboardnya.

Kalau sudah punya Android (lebih tepatnya Samsung Galaxy S3), kenapa pakai iPad Mini? Gunanya adalah untuk menjadi platform penyimpanan buku dan majalah elektronik, serta menjadi alat untuk mencoba aplikasi iOS yang tidak tersedia di Android. Koleksi buku elektronik yang cukup besar (lebih dari 10 GB) terasa mubazir apabila jarang dibaca (apalagi kalau tidak diamalkan ilmunya, akan lebih mubazir lagi), mudah-mudahan buku elektronik ini menjadi lebih mudah dibaca (dana diamalkan ilmunya) apabila dia dimasukkan ke dalam gawai yang enak dipakai seperti iPad Mini ini.

iPad Mini bukan tidak memiliki kelemahan. Jangan menggunakan iPad Mini (dan iPad pada umumnya) untuk membuka file video dengan aspek rasio 16 x 9, karena iPad Mini menggunakan aspek rasio 4 x 3, yang membuat video anda akan dimainkan di iPad dengan letterbox berwarna hitam yang menutupi 1/3 bagian atas dan bagian bawah display.

Saya membelinya di airport ketika kemarin berkunjung ke luar negeri, dan saya kurang tahu kapan persisnya ia akan tersedia di Apple Store dan toko lainnya di Indonesia. Nantikan saja kehadirannya, walaupun saya kurang tahu ia akan dijual dengan harga berapa.

Mudah-mudahan berguna,

Wassalam,

7 pemikiran pada “Blogging dengan iPad Mini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s