World IPv6 Day @ ITB

Salam,

IPv6-badge-blue-256-trans

Hari ini tanggal 8 Juni 2011 diperingati sebagai World IPv6 Day. World IPv6 Day adalah hari dimana berbagai situs Internet ternama di dunia seperti Google, Facebook, Yahoo!, Akamai dan Limelight mengaktifkan layanan mereka melalui jaringan IPv6.

Situs-situs ini mengaktifkan layanan mereka melalui jaringan IPv6 dengan memasukkan nama situs mereka kedalam DNS AAAA record. Dengan masuknya nama situs mereka ke AAAA record, maka OS dan browser terkini akan mencoba mengakses layanan mereka menggunakan jaringan IPv6, dengan asumsi jaringan IPv6 telah tersambung antara client menuju jaringan Internet.

aaaa-record

Gambar diatas menunjukkan beberapa situs terkemuka dunia seperti Google, Facebook dan Yahoo telah memasukkan AAAA record pada layanan nya. Website resmi ITB pun telah aktif di jaringan IPv6 sejak beberapa tahun yang lalu.

World IPv6 Day diselenggarakan dengan tujuan melakukan tes lapangan bagi jaringan Internet IPv6, dengan tujuan menemukan berbagai masalah aksesibilitas menuju situs-situs utama Internet dari berbagai jaringan di seluruh dunia yang tersambung ke Internet.

Bagi anda yang telah memiliki OS dan browser yang mendukung IPv6 serta tersambung ke jaringan IPv6, anda akan dapat mengakses situs-situs tadi tanpa masalah. Hampir semua OS (Windows, Mac OS X, Linux/UNIX) dan browser terkini (Firefox, Chrome, Safari, dsb) sudah mampu mengakses situs yang tersambung ke jaringan IPv6, namun jaringan akses Internet yang sangat beragam itu ada yang sudah tersambung ke jaringan IPv6, namun kebanyakannya belum tersambung ke jaringan IPv6.

Jika anda ingin segera tersambung ke jaringan IPv6, anda dapat menyambungkan diri dengan server tunnel broker IPv6, yang salah satunya tersedia di http://www.tunnelbroker.net yang dapat anda pakai secara gratis. Dengan tersambung ke tunnel broker ini, anda akan mendapat alamat IPv6 yang dapat anda pakai untuk mengakses situs yang tersambung ke jaringan IPv6.

Saat ini ITB ikut berpartisipasi dalam World IPv6 Day dengan menyediakan sebuah server VOD (video-on-demand) streaming yang hanya dapat diakses dari jaringan IPv6 di http://ipv6day.itb.ac.id . Video yang ditayangkan adalah rekaman Dies Natalis UKM (Unit Kebudayaan Minangkabau) ITB dan Main Gedhe Loedroek ITB yang diselenggarakan di bulan Mei yang lalu.

ipv6-streaming

Situs World IPv6 Day ITB juga ditayangkan bekerjasama dengan situs World IPv6 Day AI3 dan SOI-ASIA.

Akhirul kata, Selamat berpartisipasi dalam World IPv6 Day!

Wassalam,

12 pemikiran pada “World IPv6 Day @ ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s