Menjajal HSDPA IM2 broadband

ass.wr.wb.

Sejak saya punya handphone E61 dan diisi kartu Xplor, saya jadi punya alternatif mengakses Internet dari luar tempat kerja. Dengan dukungan jaringan 3G, saya sudah bisa dikatakan  bekerja dari mana saja tempat, jika yang dinamakan kerja itu adalah mengakses email dan browsing Internet. Harganya cukup terjangkau pada waktu itu, 99 ribu rupiah utk 250MB data.

Setelah beberapa lama, saya lihat quota yang segede itu nggak cukup untuk orang yang sudah hari-harinya ketemu akses Internet seperti saya, sampai saya beberapa kali buat guyonan kalau ada survey penggunaan Internet “Orang kayak kita jangan ditanya berapa jam sehari mengakses Internet, tanyanya berapa jam sehari anda TIDAK mengakses Internet🙂” . Apalagi muncul beberapa penawaran akses 3G yang lebih menarik dari provider lain. Salah satunya dari Indosat IM2 Broadband 3.5G, yang memberikan paket 160 ribu untuk 700MB data. Nambah sedikit dapat banyak, it’s a bargain!

Akhirnya setelah lihat info di website, saya putuskan untuk mendaftar layanan ini di counter promosi IM2 yang lagi pameran di Pondok Indah Mall 2. Prosesnya cepat, nggak belibet, cukup sertakan KTP dan kartu kredit anda, cuma nunggu 10 menit untuk urusan administrasinya. Saya dapat satu kartu USIM, dan 2 jam setelah saya mendaftar, dapat SMS konfirmasi bahwa saya sudah jadi pelanggan IM2 Broadband.

Besoknya saya memutuskan untuk mencari modem 3G yang akan saya pakai untuk kartu IM2 ini. Bisa saja sih pakai E61 saya, cuma repot nantinya, mau konek Internet musti bongkar pasang SIM card dulu. Mending beli modem khusus aja. Pilihan saya jatuh pada modem PCMCIA Option GlobeTrotter GT MAX yang sudah support HSDPA. Rekomendasi teman saya Rendo, katanya modem ini bagus, dan bentuk fisiknya nggak terlalu menonjol keluar seperti modem-modem PCMCIA lainnya.

Option GT MAX

Saya suka karena tampangnya ringkes dan rapih.

Antenanya keluar

Antenanya retractable, bisa dikeluarin. Kalau nggak dipakai, bisa dimasukkan kembali.

Nempel di notebook

Nempel di notebook nampak sopan sekali🙂

Modemnya saya beli di Jakartanotebook.com. Kenapa beli di situ ? Sebab dari beberapa toko yang saya tanya tentang produk itu, dia menyediakan harga yang paling wokeh, cuma 760 ribu rupiah. Toko lainnya bisa kena 800-900 ribu. Bisa aja sih saya bongkar-bongkar milis Gadtorade dulu, tanya-tanya harga dan sebagainya, cuma kepala saya lagi pakai mode males mikir, maunya fire and forget, kayak peluru kendali aja🙂 Pokoknya tahu beres dan cepat. Salah satu keuntungan beli di sana adalah saya bisa coba barangnya dulu. Setelah ubek-ubek drivernya selama seperempat jam, akhirnya modemnya kedetek, bisa connect ke IM2. Setelah itu segera bayar dan cabut balik ke Bandung.

Connect ke HSDPA dari WinXP

Saya baru cobanya di lokasi tempat saya yang kena coverage BTS Indosat di Cihampelas. Sinyal maksimalnya 3 bar utk 3G dan HSDPA nya. Tapi ternyata HSDPA itu cukup kencang ya. Ini buktinya.

1,69 Mbps pakai BW meter Indosat

Itu gara-gara saya heran aja kenapa kemarin download sebuah installer kok throughputnya bisa keluar angka 200MB/sec. Belum sempat ambil screenshot pas waktu itu. Enak juga ternyata bisa dapet throughput segitu di PC kita sendiri. Saya belum test lagi sih pakai aplikasi testing speed yang lain, so far so good lah.

Sementara itu dulu reviewnya. Waktu yang akan berbicara mengenai kualitas dan performa modem dan jaringan HSDPA Indosat Broadband ini. Mudah-mudahan berguna.

wass.wr.wb.

22 pemikiran pada “Menjajal HSDPA IM2 broadband

  1. gw jatuh hati sama program telkomsel flash, cuma 350ribu sebulan fan, kontrak 1 taon, gratis modemnya… lumayan dapet 1,2 GB kuota, buat backup ma mobile kan boleh lah… :p

  2. #1. Ya pak sama2 salam kenal.

    #2. Gw males kontrak terikat euy, pengennya bebasss…Ingetku Indosat juga segitu harganya, cuma satu hal yg menarik : VPN ke ITB saat ini kenceng kalo pake Indosat hehehe… gak tahu tuh kenapa…

  3. Pilih PCMCIA karena harganya paling hemat ya?
    Jika pakai GSM modem dengan interface USB tentu lebih leluasa,
    dapat dipasang juga ke PC.

    Saat saya pakai koneksi GPRS/3G dari AXIS, lumayan dapat 200 MB
    dengan hanya beli dua kartu perdana AXIS (masing-masing
    menyediakan 100 MB akses data free per bulan)

  4. #4. Iya pak, selain paling hemat, alasannya karena port USB saya rusak, nggak bisa dipakai, saya ngandalin PCMCIA to USB utk sekedar nyambung mouse atau flashdisk.

    Kalau alasannya pakai Indosat, karena coverage nya jauh lebih besar, dan pipa bandwidth nya jauh lebih gede. Denger kata teman yang kerja di AXIS, sejak mulai dipromosikan, bandwidth Internet mereka jadi flat🙂

  5. tambahan:
    barusan telpon CS AXIS, saya baru pakai 17 MB, masih ada 183 MB nih,
    bagusnya dihabiskan buat apa ya? 🙂
    quota tsb tanggal 1 April akan diset penuh lagi quotanya.

  6. wah selamat mas….

    internet ibaratnya udah seperti air dan udara bagi jiwa
    hahahaha….
    dirumah saya, cuman telkomsel aja yang 3G dan HSDPA-nya stabil.
    saya yang pelanggan XL jadi rada iri hehehe….

  7. Ping-balik: Anastasia Rajagukguk

  8. Assalamu’alaykum Bang Affan.
    Kito hanyo sekali bersuo dulu di NICE 2004.
    Semeja ma Dikshie dan Irvan Nasrun.
    Abis itu tak pernah lagi🙂

    Mahal jugo tuh Modemnya..
    Ambo jual USD $80..

    http://pedagang.wordpress.com/2008/04/18/dijual-gsm-modem-option-gt-max-pcmcia-36-mbps-up-to-hsdpa/

    HSPDA IM2 memang moy.
    Ambo sudah pernah coba, international nembus 1.7 Mbps speedtest.
    Belum download.
    Gimana nonton http://indotube6.indo.net.id tuh :)) [Promotion]

    Wassalam
    a. rahman isnaini r.sutan
    http://risnaini.wordpress.com

  9. Assalamu’alaikum…

    wah..boleh minta tolong gak… saya kebetulan pakai pcmcia yang satu tipe dengan yang mas Affan gunakan. Nah, waktu pindahan kantor, CD installer-nya ilang; boleh gak minta bantu tahu atau ngecopy software-nya GT-nya mas Affan…?

    makasih sebelumnya…

    Wassalamu’alaikum

  10. Manteb manteb Mas Fan .. jadi pengen, tapi gadget ngga mendukung nih.
    Sementara saya pakai 3G dulu dech via Axis ngabisin paket promo dan IM3 indosat@durasi untuk sedhot file hehe ..

    Salam, bandung.

  11. islamet

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya membeli modem tipe yang sama, cuma belum berhasil instal drivernya, boleh share tips and tricknya?
    Terima kasih.

    Salam,
    Islamet

  12. Ina Apriani

    Bagi Yang Berminat Saya mau jual Modem HSPDA ZTE MF622 yang warna putih, kondisi Gress 99% saya belum sempat memakainya karena sinyal 3G di Garut tidak ada. Saya jual 1,3Jt. Posisi barang di Bandung. Silahkan untuk menghubungi 02270442225 bagi yang berminat..

    Terimakasih

  13. sy dulu sempat mo pake IM2 tapi berhubung “Kakaknya” Indosat Broadband ada promo 1,25GB cuman 99rb yahh sy ambil yang itu aja. Lumayan 3 bulan.. abis itu sy nyari promo lainnya. Hehehehe..

  14. Ping-balik: Nokia E63 + Nokia Email Service + Tsel Flash, Blackberry killer kah ? « Admin Juga Manusia 2.0 ™

  15. Sierra 881u yang kini ada di pasaran merupakan pilihan modem gsm yang handal. selain bisa dipakai di jaringan yang udah 3.5G alias HSDPA, modem ini juga bisa di pakai buat GPS. Fasilitas yang lengkap dan harga yang murah dengan jaminan kualitas bagus…naaahh mana ada yang bisa beginian (iklan mode on🙂 ) hehee….

    Harganya cuma Rp.665.000, coba liat di tokobelanjaonline.com

  16. YONO

    bos .. sy punya Option GT MAX 7.2 tp ga keluar 3G … walo pake kartu axis padahal di modem PCMCIA huawei E620 bisa … kenapa bos … tp firm ware nya ga ada … bisa bantu bos

Tinggalkan Balasan

