Menginstall Java di FreeBSD

Ass.wr.wb.

Ada sebuah hal kecil yang jarang orang tahu, yaitu bagaimana menginstall Java di FreeBSD, baik itu JRE ataupun JDK. Coba tanya semua orang yang ngerti FreeBSD, dan pasti jawabannya berbeda-beda, dan kalau kita coba caranya, biasanya menyusahkan. Ada yang bilang musti dicompile dari Ports Collection lah, pakai Java-Linux lah, dan beberapa cara yang cukup menyesatkan.

Fear not, akhirnya saya sudah menemukan sebuah cara yang least painful daripada cara-cara itu. Caranya adalah dengan menginstall binary JRE atau JDK dari situs Java Download milik FreeBSD Foundation. Ya, cukup dengan pkg_add saja. Tidak pakai aneh-aneh. Terima kasih kepada FreeBSD Foundation yang mau-maunya menguruskan lisensi Java untuk FreeBSD.

Coba kita lihat akibatnya kalau anda menginstall pakai perintah ini :

cd /usr/ports/java/diablo-jdk15
make install clean

Kecuali anda memiliki workstation yang CPU nya gede, RAM yang banyak serta partisi harddisk yang gede, jangan coba-coba menjalankan perintah ini. Mengapa ? Ada dua hal yang akan dijalankan oleh perintah ini :

1. Perintah ini akan mengambil beberapa source code dari situs Java Sun yang harus anda ambil manual satu-persatu karena dibatasi oleh restriksi lisensi Java dari Sun. Untuk lebih jelasnya, coba anda buka situs Ports dari Diablo JDK15 dari Freshports ini. Lalu coba cek di file distinfo dari diablo-jdk15 ini, anda lihat sendiri ada berapa file yang harus anda ambil secara manual. Saya sih lihatnya ada 4 file yang harus diambil, total ukuran dari keempat file tadi bisa lebih dari 100 MB! Jangan lupa dependenciesnya.

2. Setelah semua file tadi diambil (lengkap dengan dependencies2nya), maka akan dimulai proses kompilasi. InsyaAllah proses ini bisa berlangsung antara 6, 12 sampai 24 jam, bergantung dari kekuatan resource komputer anda. Anda bisa tinggal bikin kopi, mandi, makan, jalan-jalan, nonton bioskop dan prosesnya belum selesai juga.

Sesat kan ? Makanya pakai cara yang benar, yaitu mendownload dari situs Java Download tadi, dan silakan ambil satu dari 6 buah file yang anda perlukan. Dia menyediakan 2 macam Java binary (JDK atau JRE) dalam tiga buah platform (FreeBSD 5.5 i386, 6.1 i386 dan 6.1 amd64). Ada juga tarball nya, tapi nggak guna buat saya.

Download salah satu file tadi sesuai dengan kebutuhan anda. Kadang-kadang aplikasi Java hanya membutuhkan JRE daripada JDK, dan file binary JRE berukuran sekitar 22 MB, jadi anda cukup mengambil file JRE daripada JDK yang berukuran sekitar 52 MB. Cek dulu requirement dari aplikasi Java yang akan anda install di FreeBSD, apakah mutlak menggunakan JDK atau cukup memakai JRE.

Kalau sudah selesai, simpan file tadi di server FreeBSD anda, dan ketikkan perintah ini (misalnya anda ambil file JDK utk FreeBSD 6.1 i386):

pkg_add diablo-jdk-freebsd6.i386.1.5.0.07.01.tbz

Sudah, gitu doang. Sekarang FreeBSD anda sudah mampu menjalankan aplikasi Java yang anda inginkan, tanpa melewati proses instalasi mampus-mampusan seperti diterangkan diatas. Sebagai contoh, saya menginstall aplikasi XMPP server Openfire yang berbasis Java, dia langsung berjalan dengan mudah di FreeBSD tanpa ada masalah aneh-aneh pada proses instalasinya.

Mudah-mudahan berguna,
wass.wr.wb.

9 pemikiran pada “Menginstall Java di FreeBSD

  1. Iya, memang lebih gampang, tapi di FreeBSD kan gak perlu dipasangi Fail2ban biar ssh/ftp nya nggak diacak2 πŸ˜›

    AFAIK ya, tapi tangannya saya lebih enak pake FreeBSD, dan FreeBSD agak jarang diketuk2 ama kiddies2 dari luar, entah kenapa, tapi ini pengalaman saya aja sih.

  2. ada beberapa yng keterangan yng menurut saya misleading.
    distinfo pada /usr/ports/java/diabo-jdk15/ memang berisi banyak file tapi yng dibutuhkan hanya 2 files saja yaitu:
    1.tzupdater (ini harus didownload manual dari java.sun.com)
    2.diablo-caffe-freebsdX-arch-version.tar.bz2 (ini harus didownload manual dari situs web freebsdfoundation)
    dimana X menyatakan versi FreeBSD anda (otomatis akan dideteksi oleh ports)
    arch menyatakan arch yng digunakan i386? amd64? (otomatis akan dideteksi oleh ports)

    jadi krn akan otomatis dideteksi maka hanya 2 files saja yng perlu didownoad.

  3. Wirasto S. Karim

    Makasih atas informasinya. Benar-benar sangat bermanfaat. Sekarang saya bisa ber-Java ria di FreeBSD 7.2 tanpa perlu harus berlama-lama menunggu proses compile πŸ™‚

  4. Arif

    mas affan , saya dah mentok juga pakai port u jre nya .. sudah juga donlot manual terus lempar ke /usr/ports/distfiles/ tetap gak dapat 😦

    akhirnya pakai cara pkg_add, hasilnya spt ini :

    info# pkg_add /usr/local/diablo-jre-freebsd7.i386.1.6.0.07.02.tbz
    ./+INSTALL: Permission denied
    pkg_add: install script returned error status

    -rw-r–r– 1 root wheel 27M May 19 12:53 diablo-jre-freebsd7.i386.1.6.0.07.02.tbz

    salah dimana saya ?

    Rgds

Tinggalkan komentar