20 Tanda Anda pernah mengalami zaman Internet Seperti Sedia Kala

Ass.wr.wb.

Kalau anda sebagai network administrator pernah mengalami zaman Internet Seperti Sedia Kala ™, anda harusnya pernah mengalami 20 situasi sebagai berikut :

  1. Aplikasi MP3 Player pertama anda adalah WinPlay.
  2. Anda pernah mensetup TCP/IP pada Windows 3.1 For Workgroup dengan menggunakan Trumpet Winsock.
  3. Anda pernah punya shell UNIX yang diakses dengan aplikasi Telnet.exe dari Windows (SSH belum populer). Kalau di Windows, anda pakai aplikasi QVT/Term.
  4. Anda membuka email menggunakan UNIX Pine. Kalau di Windows, anda pakai aplikasi Pegasus Mail.
  5. Anda membuka situs WWW menggunakan browser Netscape Navigator 1.0 (yang ada huruf N besar diiringi komet yang melintas) . Atau lebih hardcore lagi, NCSA Mosaic.
  6. Anda sangat hapal sintaks HTML, karena itulah satu-satunya cara bagi anda untuk membuat sebuah Website. Aplikasi di Windows yang anda pakai adalah HoTMetaL serta Microsoft FrontPage.
  7. Anda mencari file installer dari sebuah aplikasi dengan menyalakan FTP client anda (ftp client UNIX atau WS-FTP) menuju situs www.cdrom.com dan Sunsite.
  8. Anda pernah tahu apa itu Archie, WAIS, Gopher dan Veronica dan pernah memakainya.
  9. Pada waktu itu anda tidak pernah terima spam email. Mail server anda open relay.
  10. Anda pernah menjalankan perintah (dan protokol) Finger.
  11. Anda pernah dengar sebuah perusahaan atau universitas dinyatakan ngganteng gara-gara salah satu servernya menggunakan BSDi Super Internet Server Version 4.0 (alias BSD/OS). Kegantengannya dinyatakan dengan lisensi serta hardware dongle nya yang harus terpasang di port paralel server anda.
  12. Instant Messaging pertama anda adalah ICQ. Setelah beberapa lama, akhirnya anda pakai Yahoo! Messenger. Setelah teman-teman anda mulai banyak memakai Y!M, maka ICQ anda tadi hanya dipakai untuk mengirimkan SMS gratis. Aktivitas ini berhenti ketika anda mulai lupa nomor ICQ anda.
  13. Account email pertama anda via webmail adalah Hotmail (sebelum dibeli oleh Microsoft). Nuff said!
  14. Anda pernah chatting IRC menggunakan client BitchX di UNIX shell. Ketika anda mulai tahu mIRC, anda mulai tahu mencari IP address lawan bicara anda, untuk kemudian anda jalankan aplikasi WinNuke ke IP address tadi (untuk membuat lawan bicara anda mengalami BSOD!)
  15. Perangkat utama untuk troubleshoot masalah LAN adalah Terminator BNC 50 Ohm, Ohmmeter serta solder dan timahnya, dan tidak lupa konektor BNC female cadangan (karena masalah konektor BNC yang busuk membuat semua PC yang ada dalam satu segmen LAN 10Base2 anda mati semua networknya). Kemampuan menyolder yang baik dan benar adalah mutlak dimiliki administrator jaringan pada waktu itu.
  16. Server jaringan pertama yang anda pasang adalah Novell
    Netware 3.1 atau Novell Netware 4.11. One fine, die-hard file server yang sangat anda sukai, sebelum anda tahu betapa susahnya mensetup Novell Netware 4.11 ini menjadi Mail Transfer Agent dengan menggunakan Mercury NDS! Akhirnya anda melakukan pertaubatan melalui satu dari dua jalan : FreeBSD 2.2.1 atau Slackware Linux 7!
  17. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi anda ketika anda berhasil mensetup X Windows dengan melakukan konfigurasi manual pada file /etc/X11/XF86Config. Kenapa kok bangga ? Karena anda mengetahui parameter frekuensi scanning horizontal dan vertikal dari monitor CRT anda, apalagi kalau anda berhasil mensetup X Windows dengan resolusi 1280×1024 interlaced. Lalu anda memilih dua Windows Manager terkeren pada waktu itu : AfterStep atau Enlightenment.
  18. Satu-satunya teknologi Wireless Internet yang anda tahu adalah Teknologi Radio Paket berkecepatan 1200 dan 9600 bps (ya, BITS per second!)
  19. Anda minimal pernah dengar aplikasi KA9Q NOS (Network Operating System) yang mampu berfungsi sebagai TCP/IP Stack pada DOS yang memiliki fasilitas FTP client/server, BBS server, routing protokol RIPv1 dan dukungannya kepada modem TNC yang harus di-KISS terlebih dahulu sebelum dapat dipakai.
  20. Anda pernah baca atau punya varian dari Buku Panduan Informasi di Internet atau Buku Direktori Situs Internet. Dulu saya lihat banyak tuh di Gramedia. Startup page browser anda adalah halaman direktori situs milik Yahoo.com. Google ? Belum ada mas!

Selamat bernostalgia. Tapi apakah anda masih mau kembali ke zaman itu ??

Wass.wr.wb.

8 pemikiran pada “20 Tanda Anda pernah mengalami zaman Internet Seperti Sedia Kala

  1. he..he… Denger NOS, kangen sama bunyi HT Icom saya nih. Packeter tuh paling suka sebel kalo liat orang kirim email pake format HTML hiks.

    tambahan :
    21. Harddisk 1Gb serasa besar banget.
    22. Warnet hanya ada di kantor telkom ato kantor pos.. hiks

  2. HoTMetaL, hahahaha… HTML!

    setting XFree86 pake -config dan mengikuti “wizard”-nya? hahahaha… walaupun ternyata itu saya lakukan di FreeBSD 4.10 pada tahun 2007! hehehehe…

    tapi itu nomor 12 bener euy… lupa ICQ numbernya😀

    untungnya pada jaman itu, saya masih cukup muda, jadi tidak terlalu tertarik (sebenarnya tertarik, hanya saja kemampuan tidak mendukung)… tapi nama-nama itu cukup familiar dan mengingatkan akan masa muda. hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s