Senapan SS-2 PT PIndad

Ass.wr.wb

Gara-gara lihat berita Pak Wapres Jusuf Kalla meninjau PT Pindad, akhirnya tulisan saya ini bisa saya post juga. Maaf beritanya agak basbang. Ini sebenarnya iseng-iseng saya kemarin tanggal 21 Agustus 2008 nonton pameran Material Fair di Aula Timur ITB. Disana ada stan PT Pindad (Perindustrian Angkatan Darat) yang menyajikan produk andalannya : Senapan SS-2. Ini saya kasih foto-fotonya.

SS1 dan SS2

Paling atas yang abu-abu itu senapan SS-1, yang kedua dan ketiga itu senapan SS-2 dengan varian yang berbeda. Yang laras panjang itu SS-2 varian 1, dipakai untuk pertempuran yang agak luas, sementara yang laras pendek itu SS-2 varian 5, dipakai untuk pertempuran kota, cocok untuk pasukan SWAT kali yee.

SS2-V1

Ini SS2-V1 kaliber 5,56 mm.

SS2-V5

Ini SS2-V5 kaliber 5.56 mm.

Diagram SS-2

Ini diagram nya si SS-2.

Material SS-2

Ini material pembentuk SS-2 nya.

Ternyata bukan cuma senapan SS2 saja yang bisa dibuat PT Pindad, ternyata mereka juga bisa bikin senapan otomatis dan senapan sniper. Senapan otomatis mereka (saya lupa namanya) dan senapan sniper SPR-3 juga dipajang disini.

Senapan Otomatis

Ini senapan otomatisnya. Kayak M-60 tapi kecil.

SPR-3

Ini senapan sniper SPR-3 kaliber 7,62 mm.

Hehehe hebat kan, orang Indonesia bisa juga tuh bikin senapan sendiri, walaupun pada awalnya memang mengambil model dari senapan negara lain. Kalau saya baca di Wikipedia, SS-1 itu merupakan pengembangan dari senapan FN FNC dari Belgia.

PT Pindad juga bisa bikin panser dan APC (Armored Personnel Carrier) lho. Fotonya di luar Aula Timur ITB ada di bagian bawah ini, yaitu salah satu APC buatan PT Pindad.

APC (Armored Personnel Carrier)

Saya iseng tanya ke penjaga stand nya, sebenarnya PT Pindad bisa nggak sih bikin tank ? Katanya sih bisa aja, tapi saat ini belum ada yang mau order tank ke PT Pindad. Kalau saya sih pengennya punya duit untuk minta PT Pindad bikinkan BATMOBILE :)

Wass.wr.wb.

About these ads

56 Comments

  1. #1. Kalau saya sih pengennya punya Batmobile itu buat pergi pulang Bandung – Jakarta via Cipularang-Cikampek… pasti keren buat dipakai nyelip2 truk2 dan container2 di Cikampek, dan nakut2in metromini/kopaja di Jakarta :)

  2. Kalo nggak salah SS varian awal sudah dipakai tentara sejak awal tahun 90an. Dan kalo lihat perkembangannya memang bisa dibanggakan. Tapi sayanganya, pasukan elit lebih suka pake mp5 dibanding SS2v5. Padahal senjata2 ini kan perlu battle-field-test juga agar dapat terus disempurnakan.

  3. Pindad bisa bikin tank? Udah keren banget dong teknik materialnya. Belum kebayang pake mesin macam apa ya yang bisa menggerakkan benda seberat itu. BBM yang dipake apa, terus bikin roda besinya kerja sama dengan INKA kali ya. Kan udah pengalaman bikin roda besi.

  4. yang paling penting tuh bisa ngejual tuh produk ato gak. jangan kayak si habibie. biaya riset dan pengembangan pesawat N250 yg dihabiskan mencapai trilyunan rupiah. itu uang negara smua, uang rakyat semua. hasilnya? uang itu gak pernah bisa balik ke rakyat, cos N250 gak bisa dijual. bayangkan, berapa kilometer jalan yang batal dibangun, berapa gedung sekolah, puskesmas, dll yg gak jadi dibangun hanya gara-gara menuhin ambisi hi-tech si habibie. kalo masalah teknologi mah gampang! kita dah bisa bikin macem-macem yg hi-tech. masalah kesejahteraan rakyat gimana? belum lagi produk-produk hi-tech gitu rawan implikasi politik man. begitu IPTN berencana membuat N2000, Boeing dan pabrikan pesawat besar langsung pasang kuda-kuda

  5. prestasi yg bisa dibanggakan, namun yang pasti dg membeli produk dalam negeri, baerarti memberi penghidupan dan pekerjaan kepada para karyawan (buruh) bangsa sendiri. Jadi anggaran belanja negara yang berasal dari rakyat (termasuk untuk gaji para jenderal) adalah uang dari hasil pajak rakyat. maka sudah sangat wajib bila uang itu juga dibelanjakan kembali kepada masyarakat sendiri. Sayang petinggi TNI masih suka beli senjata impor, kenapa seh uang rakyat digunakan untuk memperkaya bangsa lain (dengan beli ) produk impor.?

    • Petinggi TNI harus memperhatikan keslamatan prajuritnya,…
      TNI : siapa yang bertanggung jawab jika prajurit saya mati sia sia,…coba banyakkan, pada waktu prajurit kita perang, lalu senjata lokal kalau di tembakan macet piye,…ya prajurit saya, di dorrr sama lawan…..
      TNI : saya punya dua senapan angin, satu import satu nya lokal,…kalau yng lokal saya pakai berburu burung, saya selalu bawa burung dikit, …yo piye mben di tembak ke, ono wae masalah e, sing macet, dll…..tapi nek aku pakai senapan import, saya bawa 10 butir peluru, saya bisa dapat in 12 burung,….
      RAKYAT: lho kok isa bosss,…carae piye…
      TNI : aku nembak sing lagi nyusuh anak, nek indukan an mati, kan anak e ya mati (gak ono sing mangan i)
      RAKYAT: oooooo ngono tho cara ne….

  6. Pt pindad harus terus ngembangin Senjata yang lebih canggih lagi,dan TNI, terutama Angkatan Darat, harus sebagai Konsumen tetap Pt Pindad harus ikut memberikan masukan – masukan biar Senjata buatan Pt Pindad tidak ketinggalan.

  7. saya kira cukup membanggakan juga, tp kadang saya suka bertanya-tanya,,,
    knp harus modelnya sama lisensinya ngambil dari belgia ya??
    apa indonesia emang sudah di takdirkan jd negara nguntit only gt ya???

    tp okelah buat senjatanya saya suka karna modelnya ga kolot2 amat,,,
    masih ga kalah keren nih senjata kita sama m4a(series) buatan nato y g bro,,,?!
    se-engga2-nya biaya beli senjata kita bisa di tekan aga murah dikit ketimbang kita beli k nato ato k RRS,,,,

  8. kalo jarak tembak efektive senapan sniper SPR-3 kaliber 7,62 mm berapa km atau berapa ratus meter tuh, minta informasinya ya.
    saya rasa pindad udah bisa bikin tank, soalnya bikin panser jg dah sanggup, kayaknya cuma beda di suspensi/kaki kaki dan bahan body aja ya dan sistem senjata utama nya aja.

  9. “Kira-kira udah siap pake beneran gak tuh? sbabx dulu gue pernah pake SS-2 V1 wkt pertama kali keluar th 2000.Seingat gue,pal penyambung antara atas sama bwh gampang copot klo dipake nembak lbh dari 100 butir.

    “tapi gue jg ikut bangga,biar bukan gue yg make di event BISAM di Brunei,dg SS-2 bikinan PINDAD,TNI dapat Juara Umum di kejuaraan tsb.Ini berarti SS-2 mampu ngalahin ketangguhan M16-A2(Nato)yg jd andalan negara jiran.

    Moga-moga kedepan PINDAD didukung oleh Pemerintah untuk bikin SS-2 yg buuanyaak…untuk dibagikan ke seluruh Prajurit TNI,biar lbh “Profesional” gt loooh…..(gue ntar kebagian jg kan..!?!

  10. @Kusmidar, bang yang ca’em…saya bukannya nyacat justru itu dukungan buat Pindad utk terus berinovasi hingga layak dijual ke pasaran internasional. kalo saya ikut menjual produk Pindad, wah bisa ditangkep ma BIN.

    @Orangapa. iya ya kita kok jd gak sinergis, apa kata dunia?.

  11. saya sangat setuju ,,,, apabila PT PINDAD bersaing dalam pengembangan ALUTSISTA tetapi harus berkwalitas bagus dan dapat dibanggakan,,,,
    maju terus ,,, Pak Presiden jangan lagi beli Alutsista di luar negeri ,, manfaatkan ,,, produk dalam negeri ,,,,

  12. Hebat banget bisa gabungin antara ke tahanan ak-47 dan m16…bangga juga ya..kita…tapi gmana senjata ini di gunai n wat bunuh orang yan korupsi??bagus gak???hahahahahahahahah….just kiding…

  13. klo gw pgnnya pesen baju tahan bomb…, jg ss2 dr PT Pindad, bwt bantu sodara2 gw di palestine & afghan, seru kan….wkwkwk.
    gw pasti bs ngabisin sejuta tentara zionis & teroris barat, hiks..hiks…hiks….
    klo seorang vs sejuta zionis menang, pas 2oojt rakyat indonesia nguasai dunia, xi..xi…xi….

  14. wah,…bangga ya,….ternyata anak indonesia bisa bikin senjata tembak, dll….tapi pertanyaan nya atau yang di sangsikan,….kalau buat aja sih semua orang bisa,….tapi kena sasarannya tepat gak,….tik di tembakan gak lawan malah kena kawan,…..kalau terbukti indonesia bisa bikin senapan, dan dengan kwalitas dengan terbaik alias the best,….malaysia bakalan kalah,….buat in aja semua untuk rakyat indonesia, lalu serbuuuuu malaysia,…..

  15. kalau tentara kita di bekali satu orang bawa dua senjata made in pindad, kayak e kalau perang banyak yng gugur,…sebab mau di tembak in udah keburu rusak (macet), lalu ya di dorrr sama lawan,….mendingan beli baru aja deh (import), kasihan deh, kalau pahlawan pahlawan kita gugur sia sia,….kalau beli baru gak ada uang, ya utang sama BCA, MANDIRI, …..kalau di hitung hitung masih berat, ya beli bekas, lalu di hutang,….kalau masih berat, ya minta free sama Amerika yang umur e udah 50th yang lalu,….bekas bekas tapi masih cong lhooo…..

  16. Teruskanlah berproduksi untuk suatu kebanggaan Bangsa ini. Mungkin kita agak terpuruk dalam ekonomi…tapi paling tidak dalam segi Kemiliteran, kita masih diperhitungkan oleh dunia. Ingatlah jaman kejayaan Bangsa ini dalam masa pemerintahan Bung Karno…walau susah, tapi kita cukup dihormati kawan dan ditakuti lawan (Belanda). Jadikanlah masa itu sebagai acuan untuk suatu KEBANGGAAN….Yaaah..paling tidak, walau sudah jatuh tapi tidak tertimpa tangga…tuuul ga kawan…? Paling tidak ada yang dapat kita banggakan…

  17. Sebaiknya PINDAD bikin senapan angin kaliber kecil (5 mm) aja supaya ramah lingkungan tapi dengan tenaga dorong gas, artinya bukan dari PCP, tetapi reaksi super cepat kimia dari 2 jenis atau lebih gas bertekanan sangat tinggi, suatu misal gas oksigen dengan tekanan 3.000 psi direaksikan dengan gas hidrogen dengan tekanan 20.000 psi trus dikombinasi dengan gas nitrogen dengan tekanan sampai 80.000 psi, bayangkan tekanan awal sebelum reaksi udah sangat tinggi, kalo sudah terjadi rapid chemisrty reaction barangkali mampu menghasilkan muscle energi lebih gari 2.000 ft.lbs, kecepatan proyektil mungkin sampai 10.000 fps! cukup untuk membunuh dua gajah sekali tembak, padahal peluru paling cepat saat ini hanya 2.700 fps aja, itupun sudah mampu menjangkau target sejauh 2,5 km, kalo dengan peluru berkecepatan 10.000 fps tentunya memerlukan proyekti PBA yang berkualitas super,.,..
    goalnya, satu orang dengan membawa peralatan ini yang beratnya kurang dari 30 kg ini, sudah berbekal lebih dari 100.000 AMO,udah kayak bungker berjalan,… he,..he … kata sponsbob Imaginassiiii,..

  18. Sipil : Indonesia kaya potensi, tapi negara kurang memanpaatkannya, aturan selalu dipersulit..bila ada kekeliruan UU nya yang di obobo,..padahal manusianya dan penerapannya yg kusut. “Pindad” maju terus kreasinya demi bangsa…walau org2 bilang apa..abaikan, Pindad bangsa ini bergantung dari karia mu.

  19. Pada dasarnya kekayaan potersi Indonesia sangat besar jauh diluar jangkauan perhitungan para pakar, andai 20% potensi disegala bidang dimanfaatkan, saya yakin negri kita dapat disejajarkan negara maju lainnya,…coba lihat rawa yang ada di kaltim saja,.. mungkin bisa menguasai komoditi udang dunia,.. tapi ingat pelestarian hutan mangrovenya,… itu baru rawa kalau melihat emas bagaimana??. juga SDM nya, kalau ahli racik bom itu diperbantukan di PINDAD akan mengalami kemajuan yg cukup, paling-paling modal kita membangun MORAL para peracik bom itu,….. tuul,… timbang dipenjara,…

  20. Untuk ASEP,…
    Senapan cal. 7,62mm jenis rifle-sniper bisa sampai berjarak tembak (kill range) sampai 2.700 m untuk GEPARD, sedangkan BERRET jangkauan tembaknya 2.500 m, kalo SPR-3 mungkin ga lebih dari 1.800 m, tergantung banyak faktor, perubahan sedikit saja pada design senapan akan sangat membengaruhi kinerja senapan itu,… biasanya senapan yang sederhana akan memiliki kinerja yg lebih andal, tergantung peruntukannya, suatu misal ruang peluru manual akan lebih effektif dari pada ruang peluru otomatis untuk long range sniper, jenis proyektil juga berpengaruh besar, untuk long range karena muscle energinya besar harus menggunakan proyektil yang keras bag luar dan lunak bag dalam, hal ini agar proyektil tidak rusak ketika melewati/menggesek firing dalam laras dan akan memiliki daya rusak tinggi karena begitu proyektil mengenai sasaran diupayakan berubah bentuk semaksimal mungkin sehingga mengakibatkan daya rusak yang hebat,…..,…. may be,..yes,… may be,……….. no,…..

  21. Untuk DWI,..
    Kalo Varian SS1 ato SS2 buatan PINDAD kualitasnya secara umum bagus,… masalah macet tidaknya tergantung perawatan, cuma kelemahannya di BARREL,… sekiranya bisa bikin barrel yang dilapis TITANIUM tentunya senapan kita akan jadi senapan terbaik di JAGAT RAYA,..

  22. sumpah pengen duh kerja dipindad kayanya wawasan ilmu saya bagi pindad no satu dech.

    tapi bisa ga ia saya masuk kerja ke pindad, soalnya ga kuliah cman tamatan smkn teknik body otomotif.
    dan katanya ngomong”masuk kepindada harus ada orang dalem dan harus punya uang agar bisa masuk kerja ke pindada.

    .mudah-mudahan saja sya mengirim komentar ini, bisa diterima keja dan seandainya saya bisa kerja di PT.PINDAD tersebut sya pengen dan membuktikan citra pindad dengan baik, walau masih tahap tidak sempurna , tapi sya siap akan lebih sempurna dan lebih baik.

  23. sumpah pengen duh kerja dipindad kayanya wawasan ilmu saya bagi pindad no satu dech.

    tapi bisa ga ia saya masuk kerja ke pindad, soalnya ga kuliah cman tamatan smkn teknik body otomotif.
    dan katanya ngomongā€masuk kepindada harus ada orang dalem dan harus punya uang agar bisa masuk kerja ke pindad.

    .mudah-mudahan saja sya mengirim komentar ini, bisa diterima keja dan seandainya saya bisa kerja di PT.PINDAD tersebut sya pengen dan membuktikan citra pindad dengan baik, walau masih tahap tidak sempurna , tapi sya siap akan lebih sempurna dan lebih baik.

  24. buat Budi:

    Mulutmu yg KAMPUNGAN…!!! ss-2 udh truji kehandalannya di brbagai prlmbaan menembak internasional…!
    Contoh: perlombaan menembak yg diadakan Brunei n Australia yg diikuti banyak negara..,TNI juara Umum…! Satu lgi..,TNI yg trgabung dlm Kontingen Garuda juga juara umum lomba menembak yg diadakan oleh UNIFIL di Lebanon yg ”hanya” memakai ss-2 made in indonesia. Sedangkan tntara negara lain yg memake merk jenis M16,M4A1,AR-15,Steyr AuG, dan HK telah di ”pecundangi” oleh SS-2. GAK PERCAYA..,LIAT AJA DI GOOGLE…!

  25. Seadainya saja pemerintah/hukum indonedia lebih bijak dalam menyikapi &memperhatikan .
    bnyak sekali putra bangasa ini yng memiliki talenta di bidang senjata.
    Harusnya di bimbing ,di kasi pengarahan .bahkan buatkan forum khusus para putra bangsa yang memiliki keahlian tersebut ..supaya negara kita bisa memiliki persenjataan yng canggih buatan sendiri,tidak mesti beli dari luar negri .kan duitnya bisa buat rakyat miskin.
    Ini malah di TANGKAP,DIGEBUKIN.di paksa ngaku belajar buat senjata dari mana. Yang pada akhirnya masuk penjara .IRONIS .
    (pengalaman pribadi :red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s